Di Dapur Kucing ini, kita akan membahas tentang makanan kucing, dan bagaimana pemberian makan pada kucing. Kucing adalah hewan KAR...

Dapur Kucing


Di Dapur Kucing ini, kita akan membahas tentang makanan kucing, dan bagaimana pemberian makan pada kucing.

Kucing adalah hewan KARNIVORA, yang artinya pemakan daging. Kucing tidak memiliki enzim di air liurnya untuk mencerna karbohidrat. Karena itu pemberian makanan untuk kucing sangat disarankan murni daging / mengandung daging dan tidak banyak mengandung biji-bijian (grain-free) karena sebenarnya kucing lebih membutuhkan protein hewani dan hanya membutuhkan sedikit saja karbohidrat.

Berikan makanan khusus kucing. jangan berikan makanan anjing , tulang ikan, pelet ikan, dan lainnya. Makanan khusus kucing memang telah diformulasikan untuk kebutuhan nutrisi kucing. 

Makanan Pabrikan

Nah, makanan khusus kucing ini ada dua jenis yang diproduksi pabrik yaitu:

Dry Food/ Kibble : makanan kering yang berbentuk seperti biskuit-biskuit kecil. makanan ini mengandung tingkat kekeringan tinggi sehingga kucing Anda harus banyak minum untuk memenuhi asupan airnya. Pemberian dry food juga dapat mencegah plak di gigi.


Wet Food/Canned Food: makanan basah ini dikemas dalam kaleng dan mengandung tingkat kelembaban tinggi sehingga dapat memnuhi kebutuhan akan air pada kucing. Akan tetapi wet food berpotensi menimbulkan plak di gigi. 

Note: Jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsa makanan kucing.
Saat ini ada banyak merk makanan kucing yang dijual di pasaran. Beda harga beda kualitas, bagaimana cara memilih merk yang baik untuk kucing Anda?

Untuk tips melihat kualitas produknya bisa dengan cara-cara berikut:

1. Baca Ingredientnya:
  • Perhatikan 5 komposisi utama yang ditulis di awal. Pastikan bahwa sebagian besar komposisi utama itu terbuat dari DAGING. Chicken, Chicken meal, salmon, dll. Daging itu sendiri juga memiliki kualitas yang perlu diperhatikan, misalnya di kemasannya tertulis Human grade meat yaitu daging yang bisa dikonsumsi manusia dalam arti tergolong daging high quality. Ada juga yang tertulis 'by-product' misalnya Chicken by-product yaitu daging ayam sisa-sisa produksi sperti paruh, jerohan dan lainnya yang termasuk kategori kualitas daging yang buruk. 
  • Usahakan tidak mengandung biji-bijian (grain-free) seperti jagung (corn, maize gluten, dan keluarga jagung lainnya), wheat, soy, dan lainnya. Biasanya makanan kucing yang grain-free tertulis Holistic Cat Food.
  • Pastikan ingredient yang digunakan 'jelas' , ketidakjelasan ingredient misalnya lemak hewan (Animal fat), hewan apa?? kucing? kelinci? ayam? babi ?? lebih baik memilih dengan kandungan  yang tertulis jelas misal Chicken fat (lemak ayam),dsb.
  • Hindari memberikan makanan dengan bahan-bahan pengawet yang berbahaya seperti Butylated Hydroxyanisole (BHA), Butylated Hydroxytoluene (BHT), propyl gallate, propylene glycol, dan ethoxyquin. Bahan-bahan tersebut dicurigai dapat mengakibatkan kanker pada binatang peliharaan. Sebaliknya, pilihlah makanan dengan kandungan vitamin C dan vitamin E.

2. Baca kandungan protein dan magnesium nya.
Kandungan protein yang tinggi sangat baik untuk anak kucing yang masih dalam masa pertumbuhan, tapi untuk kucing dewasa akan menyebabkan kegemukan, maka perlu diperhatikan kandungan protien untuk kucing biasanya sekitar 25%-32%. Sedangkan magnesium tidak boleh terlalu tinggi  , maksimal 0,09% karena kandungan magnesium bisa membentuk kristal di saluran pembuangan kucing dan bisa menyebabkan penyakit susah kencing (UTD) yang berakibat kematian.

3. Caritahu keaslian dan keamanan merk makanan kucing.
Sebelum memutuskan untuk membeli satu merk tertentu, Cari apakah produk tersebut ada website nya atau tidak. Biasanya produk yang resmi memiliki website. Terkadang ada beberapa merk yang diragukan distribusinya karena ketidakjelasan merk tersebut. Baca review produk tersebut di internet, dan tanyakan kepada yang sudah berpengalaman dengan produk tersebut.

Ada 4 tingkatan dalam kualitas makanan kucing yaitu Premium (kualitas standar), Super Premium ( kualitas yang bagus), Holistic (Sangat Baik karena tidak mengandung grain), dan Organic (Natural/Highest Quality). Tergantung Anda ingin memberi makan kucing Anda dengan kualitas yang bagaimana.

Contoh merk-merk cat food berdasarkan kualitasnya, berikut 5 ingredient utamanya misalnya:

Premium
  • Whiskas (Chicken By-product Meal,Rice,Ground Whole Corn,Corn Gluten Meal,Beet Pulp)
  • Friskies (Ground yellow corn, corn gluten meal, chicken by-product meal, meat and bone meal, soybean meal)
Super Premium
  • Nutrisource (Chicken, chicken meal, rice, pea flour, chicken fat (preserved with mixed tocopherols)
  • Felidae (Chicken meal, brown rice, chicken fat (preserved with mixed tocopherols), egg product, cracked pearled )
  • Artemis (Chicken, Chicken Meal, Peas, BarleyRice Bran, Chicken Fat (Preserved with Mixed Tocopherols)
  • Royal Canin (Chicken meal, brown rice, corn, corn gluten meal, chicken fat)
  • Pro Plan (Chicken, brewers rice, corn gluten mealpoultry by-product meal, dried egg product)
  • Proformance (Chicken meal, ground maize, barley, animal fat, salmon meal)
  • 1st choice (Chicken, chicken meal, brown rice, brewer's rice, dried whole eggs)
  • Evolve (Chicken, Chicken Meal, Ground Brown Rice, Rice Flour, Chicken Fat (Preserved with Mixed Tocopherols)
  • Proseries (Chicken Meal, Whole Brown Rice, Whole OatsFish Meal (Herring & Anchovy), Chicken Fat preserved with Mixed Tocopherols (source of Vitamin E))
  • Science Diet (Chicken, Whole Grain Wheat, Corn Gluten Meal, Animal Fat (preserved with mixed tocopherols and citric acid), Powdered Cellulose)
  • Iams (Chicken, Chicken By-Product Meal, Corn Meal, Brewers Rice, Ground Whole Grain Barley)
Holistic
  • Innova  (Turkey, Chicken Meal,Chicken, Potato, Egg)
  • Orijen (Fresh boneless chicken*, chicken meal, fresh boneless salmon*, turkey meal, fresh chicken liver*, herring meal,) *fresh tidak pernah dibekukan.
  • Evo (Turkey,Chicken Meal,Chicken,Herring Meal,Chicken Fat (Preserved with Mixed Tocopherols, a Natural Source of Vitamin E))
  • PureVita (Chicken, chicken meal, peas, pea flour, chicken fat (preserved with mixed tocopherols)
  • Felidae Grain Free (Chicken meal, turkey meal, lamb, potatoes, potato protein)
  • Acana (Chicken meal, russet potato, boneless chicken, boneless walleye, whitefish meal*)
  • Taste of the Wild (Trout, ocean fish meal, sweet potatoes, potatoes, canola oil)
  • Pinnacle (Chicken Meal, Chicken, Potato Protein, Potato Flour, Chicken Fat (Preserved with Mixed Tocopherols and Citric Acid))
Hijau = Great Ingredient , komposisi yang bagus
Merah = Bad Ingredient, komposisi yang buruk
Hitam = komposisi yang tidak buruk, ok lah..

Ada beberapa merk yang dijual di pasaran yang bahkan kita tidak menemukan website nya, Anda patut mencurigai merk2 makanan tersebut karena diragukan kualitasnya dan keamanannya, mungkin ada lebih banyak lagi merk lain yang meragukan dan sebaiknya Anda menghindari membeli makanan2 yang tidak jelas.

Home Made Cat Food

Selain makanan khusus kucing pabrikan, ada makanan yang dapat dibuat sendiri dan lebih menyehatkan, yaitu Raw Food alias makanan mentah. Tapi tidak hanya sekedar mentah, ada resep khusus untuk meracik makanan ini, kita dapat menemukan resepnya di internet. Makanan mentah rentan akan bakteri, karena itu biasanya raw food ini dibekukan dulu minimal 7 hari untuk mematikan bakteri lalu diracik dengan campuran-campuran vitamin dan kebutuhan-kebutuhan nutrisi lainnya. Raw Food bertujuan untuk mengembalikan kucing ke habitat aslinya, dan terbukti kucing lebih sehat , lebih gemuk/kekar, dan lebih lincah, hanya saja agak sedikit repot membuatnya.
Kalau ingin memberikan makanan yang dimasak, masaklah dengan direbus, jangan digoreng , jangan ditambahi garam apalagi MSG. misalnya ikan rebus dan ayam rebus. Jangan berikan ikan mentah.

Untuk menggemukkan kucing berikan kuning telur setengah matang kepada kucing 1-2x seminggu karena kuning telur memiliki kandungan protein yang tinggi dan memiliki banyak gizi. Tetapi jangan berikan putih telur karena putih telur memiliki senyawa yang membuat kucing kekurangan vitamin B. Jangan memberikan telur mentah karena beresiko terhadap salmonella dan toxo.

Makanan yang beracun untuk kucing

Hindari pemberian makanan selain makanan di atas karena ada beberapa makanan yang cenderung beracun untuk kucing contohnya : Bawang , Coklat, Kopi, Teh, Garam, Gula, Alkohol, buah anggur, buah kesemek, ragi, dan tembakau.

Susu Kucing , perlukah?

Ada beberapa orang yang memberikan susu pada kucingnya padahal sebenarnya kucing tidak membutuhkan asupan susu selain susu ibunya ketika masih kecil. Jangan berikan susu yang diformulasikan untuk manusia karena mengandung laktosa yang tidak dapat dicerna kucing sehingga bisa menyebabkan diare, kalau ingin memberikan susu, berilah susu khusus kucing ataupun susu rendah laktosa.

Vitamin Kucing

Ada vitamin-vitamin yang dijual di pet shop khusus kucing , misalnya sebut saja merknya Virbac Nutriplus gel, Vitagel, extra bloom untuk penambah nafsu makan dan menggemukkan badan, vitamin untuk bulu misalnya kitty bloom, vitamin E seperti natur E pun bisa diberikan, ada lysine untuk mencegah kucing terkena flu kucing, dan macam-macam jenis vitamin lainnya.

Pemberian minyak ikan pun sangat baik untuk kucing, tetapi jangan berikan minyak hati ikan (cod liver oil).
Sekian mengenai dapur kucing , berikanlah makanan yang terbaik untuk kucing kesayangan Anda, memang ada harga ada mutu :) Untuk pemberian makannya bisa dilihat di artikel Ruang Makan Kucing

49 comments:

  1. Replies
    1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


      Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

      d9 .

      Delete
  2. MeO ada websitenya,koq,di http://www.cp-petfood.com/

    My Dear cat juga sepabrik sama MeO,cuman beda importir,..tolong jangan black campaign dong...jangan menilai CF buruk karena ga ada website,karena ada CF yang punya website,malah nyata2 bikin kucing sakit UTD,.ga semua pakan mahal itu bagus,ga semua pakan murah itu jelek..

    ReplyDelete
  3. MeO juga mendapat sertifikat kelayakan oleh NRC dan AAFCO,untuk kategori makanan kucing,jadi yang punya blog,mohon cari fakta lebih jelas lagi,jangan menjerumuskan konsumen,atau menjelek-jelekkan produk lain...jangan cuman karena gak berwebsite,lantas di asosiasikan jelek,ga layak beli...perlu Anda ketahui,ada salah satu merk CF yg ngakunya organik,alami,punya website,padahal aslinya isi CFnya hanya repack dari pakan2 murah yang di mix sedemikian rupa...Ingredients itu rahasia pabrik,jadi belom tentu Ingredients CF yg tercantum di kemasan sesuai sama isinya..kalo yang punya blog ga punya sumber yang jelas dan lengkap,mending jangan mencantumkan nama produk,..nanti jatuhnya malah fitnah,loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, sang penulis sama sekali tidak melakukan black campaign atau bahkan fitnah terhadap beberapa produk. Melainkan hanya memberi tahu bahwa ada informasi lain yang sebpatutnya menjadi pertimbangan bagi konsumen pemilik kucing dalam memilih makanan pabrikan.

      Makanan yang disetujui kelayakannya oleh AAFCO atau dokter hewan belum tentu yang terbaik untuk hewan. Sama halnya dengan fast food bagi manusia, tidak ada larangan dari manapun bagi manusia untuk mengkonsumsi fast food atau junk food.

      Delete
    2. mnrt saya yang dilakukan penulis mengumpulkan informasi semua by data dari website CF, malah saya beruntung dan berterimakasih sudah dirangkum oleh penulis semua CF jadi tidak perlu buka/cari tahu satu persatu CF. Maju terus mba Ley A, kumpulin info tentang kucing ya, nanti saya sering2 baca, thx sebelumnya untuk tulisan diatas.

      Delete
  4. meo ingredients
    corn, chicken by product meal, rice, corn gluten meal, soybean meal.

    masih lebih baik meo dri pada friskas tp mash lebih baik lagi ya wiskas dan lebih baik lagi yg super premium up...


    saya rasa posting ini bagus sekali buat pembelajaran. pemilik blog SAMA SEKALI tidak menjelek jelekan produk lain menurut saya. faktanya, i have try the product and i can see the result.

    makanya indredients di gunakan sebagai tolak ukur, tp yg paling penting performance si mpus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tolok ukur atau tolak ukur.
      Yang terpenting makanan thu bisa jaga imuns, jangan karena makanan bisa malah bikin distamper.

      Delete
  5. mas2, mba2.. ada yang tau kualitas blackwood nggak?
    makasiih

    ReplyDelete
  6. Penulis gak black campaign kok, tp memang belum semua cat food masuk. yg penting itu lihat komposisinya, yg tulisan merah, hijau, hitam.

    kandungan meo :
    Ground corn, chicken by product meal, soybean meal, corn glutten meal, fish meal, tuna by product meal, chicken fat, brewers dried yeast, iodized salt, fish digest, taurine, vitamins and minerals, antioxidant and food coloring.

    kandungan blackwood :
    Chicken Meal, Brown Rice, Ground Grain Sorghum, Millet, Chicken Fat (Preserved with Mixed Tocopherols), Egg Product, Herring Meal, Brewers Dried Yeast, Dried Plain Beet Pulp, Natural Flavor, Whole Ground Flaxseed, Menhaden Fish Oil, Lecithin, Carrot, Celery, Beet, Parsley, Lettuce, Watercress, Spinach, DL-Methionine, Potassium Chloride, L-Lysine, Salt, Taurine, Choline Chloride, Cranberry, Calcium Carbonate, Yucca Schidigera Extract, Monosodium Phosphate, Vitamin E Supplement, Niacin Supplement, Organic Dried Kelp, Thiamine Mononitrate, Pyridoxine Hydrochloride, Riboflavin Supplement, Ascorbic Acid, Biotin, d-Calcium Pantothenate, Vitamin B12 Supplement, Vitamin A Acetate, Vitamin D3 Supplement, Citric Acid, Folic Acid, Iron Sulfate, Zinc Sulfate, Zinc Proteinate, Iron Proteinate, Copper Sulfate, Zinc Oxide, Manganese Sulfate, Manganese Proteinate, Copper Proteinate, Manganous Oxide, Sodium Selenite, Calcium Iodate.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh ini nih ka,klo blackwood kandungan yg merah,ijo,abu2 atau hitamnya mana aja ya??
      Lebih banyak kandungan yg bagusnya kan ya klo blackwood...(maksudnya ada point merahnya gak untuk blackwood).
      Karna saya pengguna baru blackwood,sebelumnya pakai proplan,buat badan berisi si oke,tapi bulu masih banyak rontok juga,males bersihin karpet jadinya.
      Dan harga juga makin kesini makin mahal trs PP.
      Terimakasih ka.

      Delete
  7. gaan mau cari tau info soal makanan kucing .
    kalau EQUILIBRIO itu bagus kagak ..????

    mending mana sama Me-O ...??? :)
    thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo perbandingan equilibrio dgn me-o, jelas lbh bgus Equilibrio.
      Tpi yg hrus di tekankan disini adalah mkan kucing itu cocok2an,,ada yg review bgus ada yg review buruk dah jdi hal biasa. Tapi tetep sblm mmbli dry food, hrus bca ingredients nya jg

      Delete
    2. kalau untuk menumbuhkan bulu yg habis kena jamur , lebih baik pakai obat penumbuh atau pakai apa gaan..?? :)

      Delete
  8. ah bingung malahan hasil dari google beda2 dari td, saya pakai brit care kalau melihat komposisinya sih bagus tapi kucing saya kok malah doyan sama pro plan

    ReplyDelete
  9. Gan minta review blackwood kitten dong

    ReplyDelete
  10. kalo mau beli evo dijakarta dimana ya?

    ReplyDelete
  11. kucing gw sejak pertama udah dikasih pro plan kitten sekarang udh 1 thn lanjut pro plan adult, Alhamdulillah belum pernah sakit sama sekali padahal ngga di vaksin

    ReplyDelete
  12. Menurut saya, penulis blog justru memaparkan informasi bermanfaat yg membuka wawasan para pemilik kucing. Saya sendiri berbagi sentimen dengan sang Blogger karena saya memberi makan kucing saya TOTW. Perlu diketahui bahwa makanan dengan kadar karbohidrat tinggi menggunakan hati/liver hewan untuk menarik cita rasa. Selain itu kucing akan memakan lebih banyak karbohidrat untuk memperoleh energi yang seharusnya dapat dicukupi oleh kadar protein yang seimbang. Maka dari itu jenis makanan holistic cenderung memiliki presentase protein yg tinggi karena mereka menyertakan minimum karbohidrat atau bahkan tidak sama sekali. Biasanya kucing akan memakan porsi yg lebih sedikit akan makanan holistic dibanding makanan yg mengandung karbohidrat tinggi karena padat gizi.

    ReplyDelete
  13. kitten sy pake whiskas , whiskas bagus ngga... tp kitten sy lebih seneng mknan basah... dan knp kutten sy suka bgr tdr yaa... kasih info donk...

    ReplyDelete
  14. brother n sister .... pake 1st choice aja. itu makanan udah terjamin bgt kualitasnya. kucing terus menerus tumbuh besar dan bulu nya smakin lebat . ga percya? coba aja . demi apapun jg aku berani :)

    ReplyDelete
  15. Aku juga pke 1 st choice, jd ndut empus ku n yg penting pupnya gak bgt bau..;)

    ReplyDelete
  16. sya dah baca bbrp review Equilibrio Kitten dr bbrp sumber.. nah skrg sya mau tau review Equilibrio kitten dr blog ini donk ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah... ini blogger-nya kan cuma me-review dari pengalaman pribadi dia... kalo dia ngga ngalamin, gimana mau sharing?

      review sendiri ajeh.

      Delete
  17. I m from malaysia and i choose to stay natural and feed my cat with organic home made food. Saya beri kucing saya makan wetfood buatan sendiri dan hasilnya kucing saya gemuk dan sihat tanpa sebarang masalah kesihatan cuma perlu owner kucing yang rajin dan punya masa edia makanan sahaja. Hasilnya sangat memuaskan.

    ReplyDelete
  18. any products buatan kilang pasti akan tambah pengawet tidak kira kibbles mahupun wetfood jadi berilah kucing anda makanan organik buatan sendiri tanpa garam,tanpa pengawet dan punya vitamin semulajadi.kucing anda gemuk dan sihat badan tegap otot kuat dan paling pasti susah kena penyakit.saya sudah cuba orijen pada kucing saya hasilnya tetap seperti guna makanan premium atau commercial kerana kucing tidak minum air.kalian harus ingat kucing tidak merasa dahaga jadi buat sahaja makanan kucing sendiri jika benar2 sygkan kucing anda.

    ReplyDelete
  19. permisi, ada yg tau importir makanan kucing murah ga ? seperti universal, better cat, mdc, atau web resminya klw ada yg tau tolong kasih info dong ke 081349082775 trima kasih

    ReplyDelete
  20. blognya sangat bermanfaat,saya jadi tahu mana makanan yang harus & tidak dihindari untuk kucing saya,

    terimaakasihh ya,
    tapi kok equil ng ada ya review produknya,bisa dibantu ?
    :)
    Terimakasih

    ReplyDelete
  21. hey faridah makasih artikelnya yang bahas tentang makanan kucing bener2 kumplit

    okdogi

    ReplyDelete
  22. trimakasih ats artikelnya.....sangat membantu...dan mhon jngan ad yg trsinggung ini hnya by komposisi...

    ReplyDelete
  23. kak q lagi bingung pilih produk makanan kucing.. q sekarang masih pake proplan.. tapi dari harga cukup mahal.. q mau campur dngan makanan yg grade dua.. bnyak yang saran bberapa produk sperti equilibro,maxi,clasic nutrisource.. tp masih ragu2 untuk pilih yg mana.. mngkin ad saran kak lbih baik pake produk yg mana dg dg harga yg lebih ekonomis dibawah harga RC n Proplan..

    ReplyDelete
  24. Saya make rc 36 campur proplan bagus kok. Tp kmrn sy di rekomen pake anf , ada yg pernah pake? Mohon pencerahannya trims

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Waaaaaah, makasih banyak informasinya sangat bermanfaat❤

    ReplyDelete
  27. Mbak Admin,

    Bagaimana dengan makanan kucing merk MAXI? ditunggu review nya ya Mbak Admin untuk merk Maxi ini..

    ReplyDelete
  28. halo kawan-kawan bloger, artikel bermanfaat boleh dong di review produk kami iskhan, bisa di liat di website nya www.easynbesbuy.com kita import dari korea.
    utk kontak kami bisa whatsapp.
    oh ya selain iskhan juga kita punya produk home cat / home dog.

    ReplyDelete
  29. web kita easynbestbuy.com atau juga www.enb.co.id

    ReplyDelete
  30. untuk wet food apa yaa yang bagus?

    ReplyDelete
  31. saya baca blog ini hasil googling dan saya paling puas dengan rewiew ingredients nya, sampe saya foto buat modal milih2 ke petshop..

    ReplyDelete
  32. aaaa terimakasih,bermanfaat sekali bagi new pawparent :D

    ReplyDelete
  33. kalo kitchen flavor ada yg coba ga? grain free jg soalnya

    ReplyDelete
  34. Review equalibrio dong gan
    Sama rc bagus mana?

    ReplyDelete
  35. https://www.facebook.com/bsm.property.77
    https://www.instagram.com/dewi.bsmproperty/
    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://www.linkedin.com/in/bsm-property-dewi-b67112209/
    http://iklanmart.com/iklan/jual-rumah-murah-jauh-dari-pusat-kota-tangerang-081977000899-dewi.html
    https://sites.google.com/d/11AIDNcnPl9snxZGYdYS0RtKFDmfK8bYY/p/1Gzo7UhVzqGQST9TVAxrJzH1gmM_xa7BJ/edit
    https://bsmpropertyjakarta.wordpress.com/2021/05/10/du-jual-tanah-kosong-dari-tangan-pertama-tangerang-081977000899-dewi/
    https://id.pinterest.com/dewibsmproperty/_saved/

    ReplyDelete
  36. Pet foods are those sustenance products that are exclusively produced for the consumptions of the pets.
    You can acquire more information on the following website
    👇🏻
    Pet food ingredients market

    ReplyDelete
  37. Kami menyediakan jasa SEWA DAN JUAL Tenda seperti:


    *Tenda Roder / Tenda Hanggar / Tenda Dome dengan bahan Tiang alumunium, Dinding dan Atap PVC (PVC atap 850gr Blackout, Pvc dinding 550gr Blackout).


    Tenda Roder senidiri biasa di gunakan sebagai:
    -Tenda vaksinasi
    -Tenda darurat Rumah sakit
    -Posko Pengungsian
    -Tenda Peresmian
    -Tenda Pameran
    -Tenda Gudang, dan masihbanyak fungsi lainnya


    Tenda Roder sendiri memiliki beberapa bentangan yaitu bentangan 10, 15, dan 20. untuk panjangnya sendiri terhitung dari kelipatan 5 (cth: 5, 10, 15, 20 dst)


    *Tenda Transparan
    Tenda transparan itu memiliki kesan yang elegant karna bisa menampilkan suasana luar tenda dan sinar matahari ataupun binar binar luar tenda di malam hari, Tenda Transparan biasanya digunakan untuk:
    -Acara Wedding
    -Acara pesta
    -Acara pesta malam
    -Acara Event dan masih banyak lagi kegunaannya.


    *Tenda Kerucut / Tenda Sarnavil
    biasanya memiliki kegunaan untuk:
    -Bilik desinfektan
    -Event outdor
    -Posko pengamanan covid
    -Posko Polisi sementara

    Untuk infirmasi lebih lanjut anda bia menghubungi 081316140397 RAHMA.
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.



    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/

    https://id.pinterest.com/tangerang0290/

    https://twitter.com/TangerangRoder

    https://www.instagram.com/tendarodertangerang1/

    https://sites.google.com/d/13ngcAypBp3gn-PdcA7XaRjpYZH8Cu3kM/p/1THW6hgDfmbFrFrMj9qbjdbOh4Fg7_1Sq/

    ReplyDelete
  38. CV Bahagia Sukses Makmur adalah perusahaan yang bergerak dalam banyak bidang salah satunya adalah jasa pembuatan Rainbow slide / perosotan warna warni.

    Pelangi slide, juga disebut sebagai empat musim salju slide atau tabung Salju kering. Pelangi slide sebagai hiburan populer dalam beberapa tahun terakhir, adalah jenis proyek hiburan yang meniru ski dengan menggunakan bahan plastik halus yang dusebut juga PE/PP yang sangat aman digunakan untuk berbagai macam pembuatan wahana. Selain itu jenis bahan ini mudah dibersihkan dalam proses perawatannya.Dirancang sempurna untuk anak - anak dan balita. Sehingga anda tidak perlu khawatir anak anda akan mengalami cedera saat bermain. Memiliki warna-warna yang cantik dan sangat cocok diaplikasikan ditempat wisata seperti :

    Waterpark,
    Taman bermain,
    Playground, DLL.

    Jadikan usaha anda menjadi lebih menarik dan berbeda dengan yang lain
    Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran lebih lanjut di
    Wa/Telp : 0811-1252-0824 Rahma

    follow juga sosial media kami untuk mendapatkan update terbaru :

    https://rainbowslidejakarta.blogspot.com/
    PINTESEST : rainbowslidejakarta
    TWITTER : SlideRainbow

    ReplyDelete
  39. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    So. .

    ReplyDelete