Jalan-jalan ke Los Angeles & San Fransisco

Tahun 2014 saya kembali berangkat ke USA untuk mengikuti event TCO14 di San Fransisco, tapi seperti halnya tahun lalu kami berencana untuk jalan-jalan dulu di Los Angeles. Berbekal pengalaman Jalan-jalan ke New York tahun lalu yang nggak puas banget, kali ini kami (lebih tepatnya sih saya..) sudah merencanakan itinerary yang lebih detail, dan kebanyakan cuma memenuhi hasrat anak kecil yang hobinya main karena destinasinya kebanyakan tempat main-main seperti Disneyland dan Universal Studio Hollywood, haha. Bisa dibilang perjalanan kali ini jauh lebih puas dibanding tahun lalu karena semuanya terjelajahi.

Kami memesan hostel melalui situs hostels.com. Kami memutuskkan menginap di hostel Hollywood Youth Hostel yang lokasinya tepat di hollywood blvd dareah Walk of Fame. Di San Fransisco kami juga memesan hostel San Fransisco International Hostel. Ratenya $33/day/orang.

Berikut rencana itinerary saya selama di Los Angeles + San fransisco

Union Square
Ghirardelli Chocolate Factory
17-20 NovemberTCO14

Tapi seperti jalan-jalan ke Singapura kemarin, plan hanyalah tinggal plan, pada kenyataannya ada beberapa rencana yang tidak terealisasi dan tempat yang tidak sempat dikunjungi

Hari 1

Berhubung dapet tiket keberangkatan subuh, kami memutuskan menginap di hotel di dekat bandara Hotel yaitu Hotel Aerofans. Hotelnya cukup rapi dan bersih, dan dari sini ada shuttle ke bandara kalau mau berangkat pagi. Harga per malamnya Rp375.000 pada waktu itu.

Tanggal 7 November 2014 pukul 06:25 pagi kami berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta naik Air Nippon Airways(ANA) dan transit di Narita International Airport, Tokyo Japan, tiba pukul 03:45 Sore. Wah, ini pertama kalinya saya menginjakkan kaki di Negri Sakura! Sayangnya hanya transit.. (mudah-mudahan lain kali bisa jalan-jalan kemari). Pukul 05:05 Sore kami berangkat dan tiba di Los Angeles International Airport pukul 09:50 pagi.

Dari bandara kami menaiki bus menuju Union Station dan membeli Metro Card untuk menuju hostel. Dari Union Station kami menaiki Subway menuju stasiun Hollywood/Highland. Lalu kami naik ke atas “bumi” dan kami tepat berada di tengah-tengah Hollywood Blvd yang di sepanjang jalan tersebut ada banyak “bintang-bintang bertaburan” alias tempat ini dinamakan Walk of Fame. Hostel kami tepat di seberang, dan ketika membuka pintu hostel, saya kaget karena harus naik tangga, haduh.. bawa koper besar naik-naik tangga pula, memang harusnya orang-orang backpacker yang ke sini. Kesan pertama langsung ilfil dengan hostel ini karena tempatnya tidak seperti hostel kami di New York tahun lalu yang rapi dan nyaman. Hostel di sini “agak kumuh” , kamar mandinya di luar dan untuk rame-rame pula, hufff yauda deh pengalaman. Tapi di hostel ini ada fasilitas self service laundry jadi kita bisa tinggal melaundry pakaian kita kalau kehabisan baju :D.

Hari pertama terasa sangat berat dan ngantuk berat, saya memutuskan untuk tidur saja di hari pertama, setelah mandi saya pun tertidur pulas. Akhirnya hari ini kami hanya muter-muter sekitar hostel saja. Rencana ke Rodeo Drive Beverli Hills pun terlewatkan.

Hari 2

Hari ini saatnya main-main ke Disneyland, yeay! Disneyland sendiri tidak berada di kota Los Angeles, melainkan di Anaheim dan untuk menuju ke sana kami harus menaiki bus. Sebelum ke sana, kami berfoto dulu di Walk of Fame di sekitar hostel tempat kami menginap, baru kemudian kami menaiki Subway menuju Norwalk Station dan di sna kami naik bus 460 yang menuju Disneyland Resort. Lama perjalanan kurang lebih hampir 2 jam.

Walk of Fame

Ke Disneyland ini sebenarnya karena nggak puas ke Disneyland Orlando tahun 2012 lalu karena cuma masuk sebentar Akhirnya hari ini deh pembalasannya, haha.. Dan yang paling excited masuk sini yah cuma saya -_- , karena yang lain mungkin agak kebapak-bapakan, atau saya yang kekanak-kanakan, hahaha..

Disneyland

Di dalam Disneyland kami menaiki berbagai wahana seperti Haunted Mansion dengan berbagai efek 3d nya, dan wahana-wahana lainnya yang tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Hari sudah gelap tapi saya masih ngotot pingin naikin semuanya, tapi yang lain sudah kelelahan dan ingin pulang, akhirnya kami pulang deh.

Hari 3

Selama di LA, saya kebanyakan hanya makan Sandwich Subway isi Tuna, dan entah kenapa kangen dengan nasi-nasian. Kebetulan ada masakan Timur Tengah yang bisa memenuhi keinginan makan nasi di sekitar situ.

Hari ini kami berencana ke Universal Studio Hollywood. Sebenarnya sudah pernah masuk yang di Singapore tapi ingin mencoba yang di USA sendiri sebenarnya seperti apa.Untuk menuju ke sana kami menaiki subway dan turun di stasiun Metro Universal/Studio City Station. Lalu kami menunggu shuttle untuk naik ke lokasi USH.

Universal Studio Hollywood

Setelah tiba di USH, tentu saja kami langsung berfoto, membeli tiket, dan masuk deh.. Sebagian besar wahana di sini sama dengan Universal Studio Singapore, tapi ada beberapa yang berbeda dan sangat menarik seperti pertunjukan Waterworld, King Kong 360 dan Studio Tournya yang keren seperti efek-efek di dalam film.

Hari 4

Hari ini kami ke Warner Bros Studio dan mengikuti studio tournya. Untuk menuju ke sana kami harus turun di stasiun Metro Universal/Studio City Station dan menaiki Bus 155 dan turun di Hollywood way/riverside. Tibalah kami di Warner Bros Studio dan tak lupa untuk berfoto. Kami langsung membeli tiketnya dan mengikuti tournya. Sebetulnya kami tidak begitu mengerti apa saja yang dijelaskan pemandunya , apalagi kalau nggak update dengan film-film yang dibahasnya. Tapi yang menarik pada Studio Tour ini adalah ada Museum Batman dan Harry Potter. Lumayan lah untuk berfoto.

Batman Museum

Harry Potter Museum

Warner Bros Studio

Pulang dari sini, karena masih ada banyak waktu , inginnya sih ke Rodeo Drive Beverli Hills tapi bus yang ditunggu-tunggu tak kunjung datang sampai jam 3 sore, dan akhirnya memutuskan untuk kembali ke hostel saja.

Hari 5

Sesuai rencana kami menuju Los Angeles Zoo. Untuk menuju ke sana kami harus ke Metro Hollywood / Western Station terlebih dahulu dan menyambung Bus 180/181towards 181 - Sierra Madre Villa Station berhenti di Los Feliz / Riverside. lalu lanjut lagi naik bus 96 towards 96 - Burbank Station berhenti di Autry National Center: jalan kaki ke zoo. Tidak ada yang unik di dalam zoo ini, tapi untuk pecinta hewan seperti saya jelas menikmati jalan-jalan di zoo dengan berbagai macam fauna di dalamnya.

Los Angeles Zoo

Setelah dari LA Zoo kami pergi menuju Griffith Park Observatory, untuk menuju ke sana kami naik bus dan turun di **, dari sana kami menunggu shuttle untuk naik ke atas bukit, ternyata menunggu shuttle ini agak lama. Setelah shuttle datang, kami sampai di Griffith Park Observatory. Dari atas sini kita juga bisa melihat Hollywood Sign di seberang lho. Jadi setelah melihat-lihat Griffith Park, kami juga sekalian berfoto dengan latar belakang Hollywood Sign.

Magrib tiba dan kami pun menunggu shuttle untuk kembali pulang.Setelah tiba di perhentian bus, kami menaiki bus untuk kembali ke hostel.

Hari 6

Hari ini saatnya shopping! Kami menuju pusat perbelanjaan yang lumayan terkenal di LA yaitu The Grove. Di sini ada macam-macam outlet, mulai dari apple store, cheesecake factory, dan lain-lain. Puas belanja belanja dan akhirnya kami kembali ke hostel.

Go to SF

Tanggal 13 November 2014 kami berangkat dari Los Angeles menuju San Fransisco dengan kereta api. Berhubung tahun lalu kami naik bus, jadi kepingin coba kereta api. Kami menuju Union Station untuk membeli tiket kereta api yang berangkat jam 12:00 Saing. Pukul 07:00 malam kami tiba di San Fransisco , dan ternyata naik kereta api itu lamaaaa sekali sodara-sodara, tau gini mending naik bus, tadinya mikir kereta api kecepatannya tinggi dan anti macet, ternyata mendingan naik bus deh..

Sesampainya kami di sana, kami naik bus untuk ke hostel kami dan turun di pinggir jalan. Ternyata daerah yang kami lewati agak sedikit menyeramkan. Banyak homeless people di pinggir jalan, dengan tatapan mengerikan, bawa-bawa pisau lipat. Hiiyy.. kami cepat-cepat jalan, dan BRUGGG!! Salah satu teman kami kena pukul oleh preman setempat. Dan orang itu langsung pergi begitu saja, karena kejadian ini tiba-tiba datang seseorang yang menawarkan diri untuk memukul balik pelaku dan tentunya pake bayar. Hmm, bisa jadi orang ini adalah komplotan juga. Ternyata San Fransisco sungguh tidak aman, apalagi karena kami geret-geret koper besar, mungkin mereka tahu kami ini turis.

Tiba di hostel San Fransisco International Hostel kami langsung berbenah dan bersantai sejenak. Hostel di sini sama saja seperti di LA, kamar mandi di luar dan untuk beramai-ramai. Tapi common roomnya lumayan lah, minuman dan pancakenya gratis. Lumayan untuk menghemat pengeluaran.

Hari 8

Karena kejadian semalam kami jadi tidak semangat ingin muter-muter SF. Hostel kami berada di daerah Union Square, jadi kami tinggal jalan kaki keliling-keliling hostel untuk sekadar melihat-lihat, banyak tempat perbelanjaan di sini dan di sini ada tram/trolley yang merupakan alat transportasi khas San Fransisco walaupun saya tidak sempat menaikinya. Di sini juga ada Ghirardelli Chocolate dari San Fransisco yang rasanya enakk banget, cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas San Fransisco.

Waktu itu ada temen yang titip minta beliin iPhone 6, jadi kami mengantri di Apple Store untuk mendapatkan iPhone 6. Ternyata walaupun produknya bukan baru launching tetap aja banyak yang ngantri.

Untuk mengisi perut, di dekat hostel kami ada restauran India yang halal, jadi kami selalu ke sana untuk makan.

Hari 8

Hari ini kami berencana langsung ke tempat iconic San Fransisco, Jembatan Emas yang nggak ada emas-emasnya sama sekali alias “Golden Gate”. Untuk menuju ke sana kami menunnggu bus di **. Awalnya agak kebingungan karena busnya terlalu lama datang, tapi akhirnya kami sampai juga di Golden Gate. Setelah puas berfoto kami pun kembali ke hostel.

Golden Gate Bridge

Hari 9-11

Hari ini kami pindah ke hotel yang disediakan untuk event TCO14. Kami fokus di event TCO14 selama beberapa hari ini dan tidak berjalan-jalan.

Hari 12

Alhamdulillah saya terpilih menjadi pemenang dalam kompetisi desain pada event TCO14 kemarin. Setelah selesai pengumuman, mulai lah kami berpikir untuk sedikit berjalan-jalan di San Fransisco. Awalnya kami mau pergi ke Alcatraz tapi karena satu dan lain hal akhirnya nggak jadi. Lagipula untuk ke Alcatraz ini sebaiknya booking dulu tiketnya karena banyak yang mau ke sana. Akhirnya kami pergi ke Pier 39 dan shopping-shopping sebentar.

Pier 39

Rencana ke aquarium, fisherman wharf, dan alcatraz akhirnya tidak ada yang terealisasi. Tapi kayaknya saya nggak kepingin untuk datang lagi kemari sejak kejadian di hari pertama, kayaknya kehidupan kejam kota besar yang digambarkan di film-film itu benar adanya, banyak homeless yang bertaburan di halte bus dan di pinggir jalan, kebanyakan mereka adalah orang kulit hitam.

Akhirnya kami kembali ke Indonesia dan perjalanan kami pun usai. Mudah-mudahan lain kali bisa ke kota-kota besar lainnya di USA. Terima kasih sudah mau membaca pengalaman saya :)

Tips & Trick

1. Cari hostel yang berada di pusat kota dan memiliki review yang bagus. Hindari daerah-daerah yang tidak aman. Pastikan kamar mandinya di dalam kamar. (kesalahan kami kemarin tidak memastikan lokasi kamar mandi ini).
2. Tentukan mau ke mana aja, siapkan budget yang cukup. Pelajari map transportasi setempat.

1. hii mbak, salam kenal yaa... mau nanya kalo transit di tokyo, pake visa transit nggak ya?