Jalan-jalan ke New York City & Washington DC

Hallo, di postingan ini saya ingin bercerita tentang perjalanan saya ke New York dan Washington DC pada tahun 2013 lalu. Sudah lama pengen nulis pengalaman ini dan akhirnya tertulis juga :D .

Tahun 2013 saya berkesempatan untuk mengikuti event TCO13 di Washington D.C bersama member TopCoder lainnya tapi sebelum ke sana kami berencana untuk jalan-jalan dulu di New York. Di Washington D.C kami tidak banyak keliling-keliling dan kami lebih tepatnya lebih banyak jalan-jalan di New York. Sebelum ke New York kami sudah siapkan mau ngapain aja, mau kemana aja, mau naik apa, dan mau pake fasilitas apa.

Jadi waktu itu yang pertama kami cari adalah, kami akan menginap di mana. Dan pada waktu itu kami memutuskan menginap di hostel dan mencarinya melalui situs Hostels.com. Kami memutuskan akan menginap di Westway Hotel & Hostels La Guardia New York dengan rate $50/day/orang dengan kamar isi 4 orang. Selanjutnya kami mencoba menentukan rencana perjalanan kami, kami tidak merencanakannya dengan detail tapi yang jelas tujuan kami ingin ke tempat-tempat iconic di sana seperti Patung Liberty, Times Square, Wall Street, Empire State Building, Grand Central, Central Park, dan lain-lain. Nah setelah googling sana sini, kami menemukan fasilitas kartu yang bisa dipakai untuk masuk ke berbagai attraction menarik di New York City namanya New York Pass. Harga New York Pass pada waktu itu $180/orang untuk pemakaian selama 3 hari. Kami memilih paket yang sekaligus membeli tiket untuk menaiki Bus Hop On Hop Off untuk berkeliling-keliling di kota New York. Oh iya berhubung kami berangkat saat winter, kami juga sudah menyiapkan alat perang seperti jaket, long john, sarung tangan, syal, dan pelembab.

Tanggal 3 November 2013 kami berangkat dari Bandara International Soekarno Hatta pukul 05:45 sore dengan pesawat Emirates dan tiba di Abu Dhabi International Airport pada pukul 11:00 malam waktu setempat. Selanjutnya kami melanjutkan perbangan pada pukul 02:00 dini hari dengan pesawat Emirates A380 yang keren banget. Pesawat ini full 2 tingkat, ada nuansa bintang-bintang di atap kabin dan makanan di pesawat ini HALAL jadi tidak perlu memesan makanan khusus seperti pesawat lainnya.

Hari 1

Sekitar pukul 07:45 pagi waktu setempat kami sudah berada di atas langit New York dan kami menatap keluar dengan excited, cuaca tampak cerah tapi ternyata ketika kami tiba di JFK International Airport udaranyaaaaa dingiiiiinnnn bangeet.. Yah maklum lah belum pernah ngerasain winter, di negara sendiri palingan AC cuma tahan sampe 20 derajat celcius aja.

Setelah mengambil bagasi, kami langsung mencari taxi dan pakai adegan tawar menawar dulu sebelum naik taxi nya (maklum orang Indonesia :D) . Di dalam taxi dilengkapi dengan kamera CCTV, dan GPS, wahh.. ini nih taxi di negara maju (wong ndeso ini.. ). Supir taxinya gila-gilaan bawa taxinya, berasa lagi di film fast&furious dan katanya NYC adalah kota termacet jadi mereka terbiasa dengan gaya berkendara seperti ini (haha mereka belum lihat Jakarta) :P .

Tibalah kami di Westway Hotel & Hostels La Guardia New York. Kesan pertama di daerah sini "Ohh cuma gini aja New York itu??", haha maklum hostel kami bukan di Manhattan, bukan di tengah kota NYC. Karena pada waktu itu baru boleh check in sekitar jam 2:00 maka kami menitipkan barang dan cussss keluar, walaupun mata sembab ngantuk berat dan belum mandi, tapi rasanya sayang untuk menyia-nyiakan hari pertama.

Daerah Sekitar Hostel

Yang pertama kami lakukan adalah mengambil "New York Pass" kami yang sudah kami booking sebelumnya di Gray Line New York Visitor Center. Untuk menuju ke sana kami harus menaiki Subway dan untuk ke Subway Station terdekat kami harus menaiki Bus terlebih dahulu. Oh iya ternyata naik bus di sana itu ada antriannya loh, ga bisa langsung serobot masuk pintu rame-rame, jadi kita berbaris dan masuk satu persatu ke dalam bus dengan tertib (beda banget sama sini). Tiba di Subway Station Astoria Ditmars , tempatnya biasa-biasa saja (Entah kenapa lebih mewah Singapore), lalu ketika kami ingin membeli kartu transportasinya (Metro Card), ada bule yang ngasih kami gratis kartunya karena dia punya banyak, wahh.. baik-baik ya orang New York, kita tinggal top up saja. Harga Metro Card sendiri untuk pemakaian selama 7 hari adalah $29.

Tibalah kami di Subway Station 50 St dan begitu kami keluar dari stationnya, kami langsung terkesimaaa "WHOAAAA..... Iniii tohhh NEW YOORK!", kami berada di tengah-tengah Time Square dengan gedung-gedung tinggi, billboard raaksasa, lampu-lampu dan orang-orang yang berlalu lalang. Langsung deh foto sana-sini. Untuk soal perut tidak perlu khawatir karena di New York banyak banget makanan halal, mungkin karena banyak pendatang jadi tidak sulit menemukan makanan halal di sini.

Setelah mengambil New York Pass + City Sightseeing Hop On Hop Off Bus, kami langsung mencoba naik Bus Hop On Hop Off untuk berkeliling kota New York. Memang rencananya kami di hari pertama cuma keliling-keliling saja dan tidak menentukan akan singgah di mana.  Saya sempat mengabadikannya dalam bentuk video. Udara begitu dingin dan kami menggigil di atas bus, mana busnya kebuka lagi atapnya. Sesekali kami singgah ke beberapa tempat seperti Yankee Stadium untuk berfoto. Pukul 05:00 sudah magrib dan kami memutuskan untuk pulang karena sudah tidak tahan kedinginan.

Yankee Stadium

Berhubung saya sendiri perempuan, saya ada di kamar khusus cewek yang isinya 4 orang. Saya campur sari dengan turis-turis wanita lainnya, awalnya risih tapi lama-lama biasa juga. Hostelnya cukup nyaman dan bersih.

Hari 2

Jam 05:00 saya sudah bangun dan teman-teman sekamar saya masih tidur pulas. Langung kesempatan nguasai kamar mandi , haha.. saya bawa gayung, ember, karena di sana WCnya pakai tissue, cuek aja deh kamar mandinya basah hahaha...

Jam 07:00 pagi kami masih bersantai di common room hostels dan sekitar pukul 09:00 kami mencari bus untuk menuju subway station Astoria Ditmars. Dari situ kami menuju tempat yang sama dengan kemarin yaitu di tengah Times Square dan kami menaiki Bus Hop On Hop Off. Kami menuju Empire State Building, dan untuk masuk ke sana ternyata banyak periksa ini itu. Setelahnya kami menuju lantai paling atas dan dari sana kami bisa melihat New York City dari atas. Dan khusus pengguna New York Pass bisa menaiki wahana simulator seolah-olah kita sedang terbang dengan helicopter mengelilingi kota New York.

Selanjutnya tujuan kami adalah ke Statue of Liberty. Untuk menuju ke sana kami menaiki Bus Hop On Hop Off yang menuju Battery Park. Sesampainya di Battery Park, kami menaiki kapal ferry untuk menyeberang menuju Liberty Island. Harga tiketnya $18 untuk pulang pergi dan bisa dipesan di sini . Sampai di sana kami berfoto dan bersantai, tidak berminat naik ke atas Liberty Crown Cafenya karena sepertinya kaki kami ga sanggup menaiki anak tangga nya (maklum udah 'tua'.. hahaha).

Statue of Liberty

Sepulang dari sana kami menuju Rockefeller Center, tapi karena sudah mau malam, kami tidak sempat masuk ke sana dan hanya foto-foto di luar saja. Perut pun mulai keroncongan dan ternyata di dekat situ ada Halal Cart yang rasanya enaaaak banget.. Satu porsi bisa untuk dua orang, makanannya adalah makanan Timur Tengah dan pastinya cocok di lidah kita orang Indonesia, semacam nasi briyani dengan daging domba / kambing kebab.

Rockefeller Center

Karena hari sudah mulai malam kami pun kembali ke hostel.

Hari 3

Setelah dua hari kami menaiki Bus Hop On Hop Off kami menyimpulkan kalau naik bus itu lamaaa banget.. bayangkan kami hanya bisa ke beberapa tempat saja karena sangkin lamanya. Akhirnya kami mulai hari ini bertransportasi dengan Subway (kenapa ga dari kemaren ya).

Hari ini kami menuju Central Park, turun di 57 St-7 Av dan ternyata Central Park ini luas sekali. Ini adalah taman terbesar di tengah kota New York yang mungkin kalau mau dijalanin bisa seharian. Tapi sayangnya kami tidak sempat menjalani semuanya karena terlalu luas, kami hanya sampai ke Central Park Zoo dan tidak masuk ke dalamnya, karena lapar saya akhirnya makan Pretzel dan ternyata cukup mengenyangkan. Beberapa dari kami menyewa sepeda untuk berkeliling-keliling Central Park tapi berhubung saya tidak bisa naik sepeda jadi saya yah cuma jalan kaki saja. Dan di sini juga ada delman loh, delmannya cantik tapi kami tidak sempat menaikinya (kayak ga ada delman aja di Indonesia :D)

Dari Central Park kami naik Subway menuju Brooklyn Bridge dari stasiun 59 St dan tiba di Brooklyn Bridge City Hall. kami berjalan menelusuri jembatan hingga ke tengah jembatan, tapi kami tidak melanjutkannya dan memilih untuk kembali ke tempat kami pertama tiba. Lalu kami naik subway dam turun di Grand Central 42 St mengunjungi Grand Central Terminal.

Brooklyn Bridge

Grand Central Terminal

Selanjutnya kami kembali ke Times Square turun di Times Sq-42St untuk memasuki Madame Tussauds. Di sana banyak patung lilin orang-orang terkenal dan terkemuka, tapi ada beberapa patung yang harus bayar dulu baru bisa berfoto seperti patung Presiden Obama.

Madame Tussauds

Setelah dari Madame Tussauds kami ingin berfoto di tempat shooting film Serendipity yaitu di Serendipity Cafe. Untuk menuju ke sana kami naik Subway dan turun di Lexington Av-59 St dan berjalan kaki sebentar lalu kami berfoto di depan Cafe ini.

Daann perjalanan kami di New York pun berakhir. Terasa sangat singkat dan terlalu cepat, rasanya ingin ke sana lagi dan lebih lama untuk bisa menjelajahi semuanya. Bahkan kami tidak sempat berfoto di Wall Street, berbelanja di Times Square, dan mengitari Central Park sampai puas. Yah mudah-mudahan lain kali bisa bila ada kesempatan.

Kesimpulannya budget yang dihabiskan di New York di luar tiket pesawat dan belanja-belanja adalah

KeteranganPengeluaran
Penginapan 3 hari$150
Makan 3 hari$90
New York Pass$180
Metro Card 7 Day Pass$29
Statue of Liberty$18
Total$467

Untuk bertransportasi dengan Subway, silahkan download subway map nya di sini ya.

Go to Washington D.C

Untuk ke Washington D.C kami menaiki bus antarkota Mega Bus. Kami sudah memesan tiketnya melalui situs Mega Bus dan kami tinggal datang ke tempat perhentiannya.  Harga tiketnya sendiri yaitu sekitar $30/orang. Ternyata tempat perhentiannya bukan terminal atau semacamnya tapi di pinggir jalan! wohh.. ternyata ga semua di negara maju itu keren.. haha, baiklah kami menunggu bus di 34th Street between 11th Avenue and 12th Avenue dan berangkat pukul 02:00 Siang, dan kami tiba di Union Station Washington D.C ketika sudah malam dan kami langsung ke hotel tempat diadakannya event TCO13.

Selama di Washington kami tidak banyak merencanakan perjalanan. Kebetulan hotel kami dekat dengan White House. Jadi berhubung event TCO13 belum mulai, hari pertama kami jalan-jalan ke White House dan sekitarnya. Esoknya kami menuju Lincoln Memorial. Eh begitu sampai di sana malah ada orang Korea yang minta foto-foto sama saya, haha mungkin dikiranya saya cosplayer nyasar  ya :D :D . Selanjutnya kami menuju World War II Memorial dan mengabadikan beberapa foto.

White House

Lincoln Memorial

World War II Memorial

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan di Washington D.C karena kami fokus ke event TCO13. Bahkan saya tidak sempat ke US Capitol, museum-museum, dan tempat-tempat bersejarah lainnya. Paling-paling kami hanya menyempatkan belanja-belanja ke mall di waktu luang, bahkan sempat ketinggalan acara pengumuman pemenang TCO13 karena kelamaan di mall hahaha...

Sekian dulu cerita dari saya, nanti akan saya update lagi kalau ada yang teringat ya :)

1. MENERIMA JASA GUIDE US AMERIKA ( NEW YORK,DLL )

Aurora Tours since 2014

- Jasa private guide yang sangat berpengalaman dan tentu bisa berbahasa indonesia dan inggris
    - Akan dibawa ke tempat yang anti mainstream
    - Akan menjadikan anda sebagai turis rasa warga lokal
    - Jasa penyewaan mobil + supir yang mempunyai sim US dan sangat profesional

Untuk melengkapi perjalanan anda di Amerika, kami juga menawarkan :

JASA PHOTOGRAPHER
    - Sangat berpengalaman
    - Bahasa Indonesia dan Inggris
    - Foto Family, holiday ataupun PREWEDDING
    - Akan ditunjukan ke spot foto yang bagus
    - HARGA MURAH ,jauh lebih murah dari harga pasaran photographer di Indonesia dan Amerika

anda bisa menghubungi kami ke :
    No Telp : 081298220092
    Email : gratiaatanka@ymail.com
    WA : +33771174763
    Line : @aurora2902

apabila kurang yakin dan ingin melihat testi tour dan foto kami bisa menghubungi kami ke contact diatas tersebut