Banyak orang yang menanyakan pekerjaan saya. Saya hanya jawab : desainer. dan kebanyakan orang menanggapi "desainer baju? atau desa...

I'm a Graphic Designer, trus kenapa?


Banyak orang yang menanyakan pekerjaan saya. Saya hanya jawab : desainer. dan kebanyakan orang menanggapi "desainer baju? atau desain interior?" . well , saya nyengir dan bilang , "bukan. Desainer grafis a.k.a graphic design" . dan tanggapan selanjutnya, " itu ngedesain apaan ya?". haha, mungkin graphic designer terdengar sedikit langka di kuping orang Indonesia. trus kalau pertanyaannya , "kerjanya di mana?". saya jawab, " di rumah". lalu tanggapan selanjutnya, " oh bisnis jualan online ya?". duh, bukan!... saya maklumi , pekerjaan saya sedikit  agak langka bin aneh bagi sebagian orang karena di Indonesia kebanyakan kerja yah di kantor, kalau ga jadi pegawai, ya pengusaha. trus sisanya? pengangguran (katanya).

Oke akhirnya saya harus panjang lebar menjelaskan, saya kerja freelance ikut kompetisi desain di studio.topcoder.com , dan entah mengapa saya menemukan jiwa saya di sana dan menemukan kesenangan saya. ya iyalah, kerjanya ga harus pergi pagi pulang malam, ga terikat, plus duit gede, en saya suka banget menggambar. banyak yang meragukan sekaligus penasaran dengan pekerjaan saya ini. mereka menanggapi bahwa tidak selamanya saya bekerja dan mendapat penghasilan dari sana, yah memang penuh resiko, penghasilan bulanan saya tidak tetap, dan tidak adanya jaminan hari tua, jaminan kesehatan dll yang kebanyakan didapati dari menjadi pegawai. tapi entah mengapa saya merasa tidak takut menjalani ini, mungkin karena sudah ngerasain enak-enaknya. loh memangnya enak ya gaji bulanan tidak tetap? gaji saya memang tidak tetap tapi jauh lebih besar ketimbang saya harus jadi pegawai (alhamdulillah hingga saat ini). 

Saya akan cerita bagaimana awalnya, dulu saya juga sempat seperti kebanyakan orang yang meragukan jalan ini, bahkan saya juga meragukan kualitas diri saya sendiri. maklum waktu itu saya katanya 'berbakat' tapi tak diasah, saya benar-benar seorang newbie yang pegang photoshop cuma untuk edit edit photo, pegang illustrator? baru belajar saat itu juga. corel draw? pernah belajar sih, tapi lupa dan sampe sekarang ga bisa. hanya flash saja yang waktu itu sering saya gunakan karena memang awalnya saya tertarik di dunia animasi. lalu karena flash inilah saya diterima bekerja di sebuah perusahaan IT di kota saya secara kebetulan. di sanalah saya belajar banyak dan mengasah kemampuan saya. yah meskipun gaji saya tidak terlalu besar, tapi cukuplah untuk ukuran mahasiswi seperti saya. dan memang benar perjalanan kecil itu harus dihargai, di sana saya ditempa untuk menghadapi berbagai jenis projek, dan harus bisa menyelesaikannya dalam waktu singkat. namun seiring waktu berjalan saya mulai tidak bisa bertahan di tempat saya bekerja itu karena kuliah saya terbengkalai dan saya memutuskan untuk resign. padahal saat itu saya tidak yakin , darimana saya bisa dapat duit kalau saya resign? tapi akhirnya saya pun nekat resign dengan resiko mungkin tidak dapat gaji bulanan lagi.

Semua diawali oleh pacar saya yang lebih dulu terjun di jalan ini. dia mengajak saya untuk megikuti jalan ini. dia menganggap saya memiliki kemampuan, tapi memang dasar saya yang tidak pernah percaya pada diri sendiri jadi tidak terlalu menggubris ajakan si pacar. tapi pacar saya tetap kekeuh mengajak saya untuk ikut, dan dia pun mendaftarkan saya pada 'kantor'nya itu. oke saya mulai mengerjakan 1-2 kontes hanya dalam rangka mengisi waktu luang. menang? belum dong. yah saya males-malesan dan tidak fokus plus tidak serius hingga pada akhirnya saya mengikuti sebuah kontes yang kebetulan tidak banyak yang ikut. dan saya menang. wahhh tentu saya senang sekali! saya tidak menyangka saya bisa, dan sejak itu saya mulai 'ketagihan' untuk mengikuti kontes yang lainnya. dan sepertinya saya memiliki faktor LUCK yang banyak sehingga saya sering menang pada waktu itu. ditambah lagi tempat saya bekerja ini memberikan reward kepada orang-orang yang giat untuk menghadiri perlombaan onsite di USA. saya tidak pernah membayangkan, apalagi bermimpi , untuk terbang ke luar negri dengan usaha sendiri dan ternyata I did it! Alhamdulillah tahun 2011 saya ,pacar saya, beserta finalis2 lain mendapat kesempatan terbang ke USA gratisssssss, penginapan, transportasi , makan, semua ditanggung plus di sana dapet hadiah lagi saat mengikuti kompetisinya. ahh , dimana saya bisa dapatkan ini? bahkan bekerja bertahun-tahun pun belum tentu saya pernah terbang ke luar negri dan siapa sangka di usia ku yang masih kepala 2 saya sudah menikmati gaji ribuan dolar amerika per bulan. alhamdulillah , tak henti saya syukuri semua anugrah dan karunia Nya. semua karena saya diberi kesehatan, diberi kesempatan, dan diberi ide, juga diberikan keberuntungan oleh Nya. subhanallah!

Dan tahun 2012 saya mendapat kesempatan lagi terbang ke USAdan alhamdulillah saya mendapatkan juara 2 di event kali itu. saya pun mulai menekuni pekerjaan ini, kadang masa bodo dengan tanggapan orang di luar sana yang melihat saya tidak punya status pekerjaan yang jelas hanya karena tidak ada badan usahanya. tapi menurut saya ini jelas-jelas pekerjaan. bukankah bekerja itu artinya mencari uang? tentu jalan setiap orang bisa beda-beda. dan alhamdulillah ada beberapa teman yang juga termotivasi dan menanyakan bagaimana ya agar bisa seperti saya? yah saya hanya jelaskan sebisa saya, sepengetahuan saya, dan sepengalaman saya. Bagaimana cara memulainya akan saya jelaskan di post saya yang lain. Yang terpenting adalah kemauan untuk belajar, tekad yang kuat, ga gampang nyerah, karena ini persaingan. jangan takut gagal, belajar dari hasil kerja orang lain yang lebih dulu sukses dan harus tau 'selah'nya bermain di sini yaitu kualitas yang dicari plus selera client. lama-lama anda akan menemukan titik cerahnya. 

Saya harap kisah saya ini bisa menginspirasi semua orang dan bisa membantu orang lain yang ingin mencoba jalan yang telah saya tempuh ini. I'm a graphic designer, trus kenapa? saya tetap bisa makan, bisa punya tabungan, dan yang penting bisa jalan-jalan suka-suka saya, ga perlu ambil cuti. :D Selamat berjuang! :)




15 comments:

  1. saya termotivasi baget agar bisa seperti kakak, saya dah beli leptop dan lg belajar ilustrator, Insya Allah klu sudah bisa menikmati hasilnya saya aka resign dari pekerjaan saya di restoran, thax kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senang sekali kalau ada yang termotivasi, good luck ya Ayub! :)

      Delete
  2. Wah, hebat sekali mba, saya sangat salut semoga saya bisa mengikuti jejaknya,soalnya saya sendiri udah lelah mengarungi dunia internet,namun sampe sekarang belum bisa mendapatkan apa yang telah saya cariselama ini, tolong bagi-bagi triknya donk,soalnya saya jga sering nongkrong disana tai belum pernah ikutan kontes,soalnya belum tahu seprti apa cara kerjanya,please share donk ilmunya.kalo ada tutorialnya kirim donk ke email saya,ya..[pocongfacebook@gmail.com] salam hormat saya senior.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Raja Produk, untuk ikutan topcoder studio, bisa dilihat di postingan saya yang lain di blog ini, kalau tutorial photoshop untuk saat ini saya belum buat , soalnya ga tau apa yang mau diajarin sih hehe, tapi kalau untuk konsep-konsep desain boleh dibaca di post-post saya. Untuk penggunaan tool-tool seperti photoshop , illustrator saya biasanya liat tutorialnya di internet kalau bisa sih lihat videonya sekalian.

      Delete
  3. Wah, Top banget kak postingannya. Sangat bermanfaat, apalagi postingan lainnya ttg Topcoder.
    Salam kenal kk. Saya Fikri. Saya asal Medan.
    Saya udah pernah ikut kontes Topcoder Studio juga kak. Udah 2 kali submit, tapi dua2 nya gk masuk chekpoin apalagi jadi juara. Saya sedang melatih skill photoshop saya. Kalau boleh tau, kk punya tips atau ada saran buku yg bagus utk saya belajar photoshop biar bisa desain di topcoder dn menang?
    Sebelumnya terimakasih byk kk. Maaf merepotkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Fikri, kalau saya sih yang pertama harus kuasai toolnya dulu, jadi dulu saya belajar desain ya belajar photoshop/illustrator dulu, liat tutorial-tutorial di internet. kadang kan kita ga tau ya mau buat apa, jadi coba cari aja inspirasi-inspirasi desian di pinterest banyak tuh, trus coba dicontoh aja, kalau bisa buat yang persis , mudah-mudahan ke depannya terlatih untuk buat desain-desain yang modern. nah, selain design yang terpenting itu adalah User Xperience nya, jadi seberapa mudah aplikasi itu digunakan, seberapa sesuai aplikasi itu digunakan, gitu sih :)

      Delete
  4. Ini nih yang gue cari :)
    Great Job Farida Amalia, keep do it!
    Salam designer Indonesia.

    ReplyDelete
  5. aa termotivasi bgt nih kak selama ini cuma nyoba di web lokal dan itu juga gapernah menang :D
    kali aja lucknya ada di web luar haha
    sukses kaa makasih postan yg bermanfaat ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama :) saya juga gak lucky di web lokal kok :P

      Delete
  6. ada facebook kak? :D biar lebih mudah, eh iya jangan lupa mampir balik ke blog saya.

    ReplyDelete
  7. Kakkk bagi contactnya dongg (BBM,Line,wasap,dll) .. mau diskusi lebih dalemm lagi.. Termotivasi banget nih.. Aku juga baru fokus ke design grafis nih. mau nyoba top coder jugaaa.. Plis kakk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Line ID : fairyley , boleh kalau mau tanya-tanya :)

      Delete
  8. Hai mbak..

    Nice story...
    Skarang apa masih aktif di topcoder..??

    ReplyDelete