Jalan-jalan ke Singapura

Hiii...! Di sini saya mau share pengalaman dan itinerary saya waktu travelling ke Singapore pada bulan April tahun 2014. Mudah2an bisa membantu kalian yang mau travelling ke Singapore biar ga buta sama sekali yaa.. :) Di sini saya juga mencantumkan estimasi biaya-biaya yang akan dikeluarkan untuk perjalanan ini, dan terkadang planning tidak sama dengan reality, hehe... Tapi saya tidak mencantumkan cost untuk hotel dan tiket ya karena harga ini akan bervariasi untuk tiap orang.

Hari-1 (5 April 2014)

OCBC Garden Rhapsody ShowJalan dari Marina Bay
*Perkiraan Biaya transportasi

Reality
Kami(saya, suami, temen saya, temen suami) berangkat kemarin naik Jetstar dari bandara Kualanamu Deli Serdang pada jam 10 pagi. Tiba di Changi, Singapore jam 12.00 siang dan tentunya kami udah kelaparan dong, mikir mikir daripada makan di bandara, kami lebih memilih pergi langsung ke hotel untuk check in dan makan di sekitar hotel saja. Sebelum ke hotel , kami harus beli tiket transportasinya dulu dong. Kami pun langsung membeli kartu untuk transportasi yang namanya EZ-Link yang harganya klo ga salah $12 dengan saldo $7. Dengan kartu ini kami bisa bebas muter-muter singapore naik MRT ataupun bus selama saldonya mencukupi. Kalau untuk turis ada yang namanya Singapore Tourist Pass tapi kami lebih memilih EZ-Link karena expirednya lama, kalau kapan2 ke Singapore bisa dipakai lagi. Untuk pemakaiannya harus di-Tap waktu mau berangkat dan di-tap kembali ketika tiba, kalau tidak di-tap ketika tiba nanti saldonya kepotong banyak sesuai rute terjauh line itu. Kartu ini bisa ditop-up di sebagian besar MRT Station.

Tibalah kami di Fortuna Hotel Singapore. Tempat ini sangat strategis, dekat dengan pusat perbelanjaan Mustafa Centre, dan amat sangat dekat dengan stasiun NE8 - Farrer Park . Harganya per nightnya kalau ga salah kisaran 1jt-an , kalau mau hemat baiknya cari Dorm atau sewa apartemen saja. Tapi saya ga bisa merekomendasikan dorm atau apartemen di Singapore karena belum pernah. Perut pun mulai mual karena belom makan, ditambah naik MRT, lengkaplah sudah hari pertama nyampe negara orang malah mual-mual. Sampai di hotel, letakin barang-barang, trus akhirnya makan dan yang terpenting ternyata hotel ini makanannya HALAL sodara-sodara, jadi ga usa pusing cari makanan halal ke sana kemari. Di sekitar hotel juga banyak dijumpai makanan India / Indonesia yang halal. Nah, makanlah kami dan ternyata porsinya banyaaaaaaak banget! alhasil makanannya ga abis, dan mual-mualnya bertambah, untungnya temen bawa minyak angin , dan akhirnya sukseslah saya MUNTAH! YA! Beneran Muntah!! untung ada plastik. Pelayan restorannya pun stres liat saya muntah2 malah disuruh muntah di kamar mandi aja, ya ga sempet kaliiiii... selesai muntah, temen dan suami menyarankan saya untuk istirahat aja di hotel, WHAT?! istirahat?? udah sampe sini malah tidur? no no no, saya dah sehat kok dan dah aman setelah muntah. Gara-gara kejadian ini saya harus bawa roti kemana2 untuk ngeganjel perut. Pesan moral : Bawa makanan / minuman selagi travelling sebelum terjadi kejadian yang tidak-tidak.

Waktu sudah sore dan kami pun memutuskan langsung ke tempat iconic dari Singapore yaitu Merlion Park! Naik MRT turun di stasiun NS26 - Raffles Place. Dari sini jalan kaki menuju patung Merlion dan foto-foto dong! Dari sini kita juga bisa ngeliat Marina Bay Sand Hotel dan ArtScience Museum dari seberang.

Kami terus berjalan menyusuri jalan menuju Esplanade. Kami melewati Esplanade Park trus jalan menuju Esplanade. Masuk ke dalam Esplanade, foto-foto sebentar, trus keluar jalan lagi menuju ke Singapore Flyer. Duduk2 sebentar meregangkan kaki trus naik Singapore Flyer menjelang magrib.

Turun dari Singapore Flyer, kami menyusuri Helix Bridge menuju Marina Bay Sand, tadinya sih rencananya mau nonton Light and Water Show di depan Marina Bay Sand tapi sepertinya kami ga sempet alias telat, hahha... tenang, masih ada besok. Tadinya menurut planning kami mau lanjut ke Garden by the Bay, tapi berhubung kaki udah pegel-pegel akhirnya kami mundurin aja jadi besok (lagi-lagi besok.. ^^') dan kami pun balik ke hotel.

Hari-2 ( 6 April 2014)

Singapore Botanic GardenMRT - Botanic Garden$0.5*
Singapore ZooTaxi / Bus$32 + $17*
Clarke QuayMRT - Clarke Quay$0.5*

Reality
Sesuai rencana, kami beranjak menuju Singapore Botanical Garden, naik MRT turun di stasiun CC19 - Botanic Garden. Singapore Botanic Garden ini merupakan attraction yang paling banyak diminati di Singapore menurut situs TripAdvisor, tempat ini bisa dikunjungi gratis, biasanya tempat orang olahraga dan refreshing. Bisa dibilang seperti taman yang besar. Bunga-bunga dan tanamannya bagus-bagus dan banyak spot untuk berfoto.

Rencananya setelah dari sini saya ingin ke Singapore Zoo tapi yang lain banyak yang ga setuju, lagipula jauh dan harus naik taxi, naik bus bisa makan waktu 1-2 jam sepertinya. Akhirnya kami membatalkan plan ke Singapore Zoo (T_T) dan menggantinya ke Garden by the Bay yang kemaren gak jadi kami datangi, oke, berarti hari ini temanya Nature yaa...  Tepi sebelum ke sana, kami naik Bus dulu ke Orchard Road berhubung dekat sekalian cari Mesjid dan makan siang. Padahal plan ini tadinya buat hari ke-4 tapi ya sudahlah sekarang juga boleh , pada realitanya plan tetaplah tinggal hanya plan, heheh... Sampai di depan Lucky Plaza, kami turun dan mencoba mencari tempat makan. Masuk ke Lucky Plaza yang ramenya minta ampun, trus kepingin makan ayam penyet Ria, ehh taunya rameeeeee. Akhirnya kami keluar dan foto-foto di Orchard Road, trus ketemu Mesjid dan sholat dulu, habis sholat ternyata di belakang mesjid ada tempat makan halal, dan makanannya murah meriah (Setidaknya untuk ukuran Singapore), Makannya nasi lemak + teh tarik! lumayanlah untuk makan siang.

Lanjutlah kami menuju Garden by the Bay, naik MRT turun di Stasiun CE1 - Bayfront yang langsung nyambung ke Marina Bay Sand. Nah dari Marina Bay kami menuju ke arah Garden by the Bay dengan jalan kaki dan tibalah kami di tempat yang penuh bunga-bungaan lagi, hehe.. tadinya saya ingin masuk dome nya tapi suami saya ga mau, so akhirnya temen-temen aja yang masuk, kami cuma duduk-duduk di luar aja menunggu mereka sampai magrib. Tepat jam 7 mulai-lah OCBC Garden Rhapsody Show dan kami menikmati alunan-alunan musik yang diiringi oleh efek-efek lampu di sekitar taman.

Daaan.. lagi-lagi kami ketinggalan Light and Water Show di Marina Bay, ya udah deh.. masih ada besok ^^' . Setelah dari sini kami menuju tempat nongkrong anak gaul Singapore, yang tak lain adalah Clarke Quay! Tapi sebelum ke Clarke Quay, kami mampir dulu dong ke Chinatown buat foto-foto, secara searah gitu lo. Kami turun di DT19 - Chinatown , foto-foto sebentar, balik lagi naik MRT dan turun di stasiun NE5 - Clarke Quay. Tempatnya keren dikunjungi malam hari karena banyak lampu-lampunya, ada sungai kecil dan jembatan untuk tempat nongkrongnya. Ada attraction yang thrillernya juga, dan paling banyak di sini adalah orang minum miras coz banyak Bar nya. Kami makan malam di Burger King dan balik deh ke hotel.

Hari-3 (7 April 2014)

Vivo City MallMRT - Harbourfront$0.5*
Sentosa IslandSentosa Express$3
USSSentosa Express$56
Sea Worldjalan kaki$23
Song of the Sea ShowSentosa Express$15

Reality
Yeayy! Hari ini full Sentosa Island! Pertama kami ke Vivo City Mall naik MRT turun di stasiun NE1 - Harbourfront, nah, dari sini kami naik monorel menuju pulau Sentosa dengan membeli tiket masuk. Tempat pertama yang kami kunjungi di Sentosa Island adalah Universal Studio Singapore! Pastinya di sini tempat untuk have fun dan main-main! Kami cobain semua wahananya kecuali Roller Coasternya karena lagi perbaikan. Paling keren Mummy dan Transformer, yahhh lumayanlah buat seru-seruan :D

Jam 5 Sore kami pun keluar dari USS dan langsung menuju attraction di sebelahnya yaitu Sea World!, Aquarium besar dengan berjuta species makhluk air di dalamnya. Agak sedikit gelap untuk berfoto tapi not bad lahh... untungnya kami sempat menjelajahi seluruh isi Sea World ini sebelum tutup karena Sea World tutup jam 7 malam.

Setelah itu kami beranjak menuju Sentosa Beach untuk menonton pertunjukan Songs of the Sea Show (yang sekarang ga ada lagi), beruntung masih bisa menonton pertunjukan musikal dan animatif ini. Cukup seru dan kreatif. Setelah nonton kami pun makan malam di McD lalu berjalan menuju Merlion raksasa, dan akhrinya balik ke hotel.

Hari-4 (8 April 2014)

Orchard RoadMRT - Orchard$0.5*
Suntec City MallMRT - Esplanade$0.5*
Bugis MarketMRT - Bugis$0.5*
Mustafa CentreMRT - FarrerPark$0.5
Budget Belanja$100

Reality
Hari ini temanya Shopping! Sesuai judul tentunya kami pergi ke tempat-tempat untuk belanja atau belanja oleh-oleh, tadinya Orchard Road menjadi planning hari ini tetapi karena udah pergi di hari ke-2 jadi kami fokus ke keinginan masing-masing aja. Misalnya suami saya yang kepingin liat-liat raket bulutangkis di pusat penjualan barang-barang sport di Queensway Shopping Centre

Setelah puas liat2 raket, si abang juga ingin liat tempat jualan Tamiya di StarGek Paya Lebar road. Eh kami salah turun MRT jadinya jalannya jauhhh banget, kami turun di stasiun EW8 - Paya Lebar, padahal kalau turun di CC10 - MacPherson lebih deket >_< . makin deh kaki pegel-pegel.

Trus kita hunting-hunting oleh2 coklat di Bugis Market, turun di EW12 - Bugis. Di sini memang pusatnya belanja oleh-oleh murah. Selain di sini ada di Mustafa Centre juga tapi tetep lebih murah di sini. Belanja beberapa oleh2 untuk keluarga trus kami balik ke hotel dan muter-muter di Mustafa Centre sebentar.

Karena udah bingung mau ngapain, kami teringat mau jumpa dengan teman kami yang saat itu bekerja di Singapore, kami pun janjian di Marina Bay Sand dengan maksud sekalian liat Light and Water Show yang ga sempet diliat itu. Ehhh begitu sampe sana... tau2 hujaan. Yahh ga rejeki deh liat itu show.

Kami pun berjumpa dengan teman kami dan kami makan malam ke Kampong Glam / Arab Street, nah yang ini ga termasuk dalam plan, tapi oke juga dijalanin. Ternyata di sini sesuai namanya banyak orang2 Arab yang jualan kain / jilbab / pashmina. Hebohlah cewe2 yang berdua ini belanja sambil nunggu makan malam dihidangkan. Kami makan malam di restoran Turki dan haha.. sangat aneh awalnya di lidah orang Indonesia. Tapi karena lapar dimakan juga.

Akhirnya perjalanan kami usai juga dan kami pulang ke hotel unutk berkemas karena besok pulang ke kampung halaman ^^ . Alhamdulillah perjalanan yang menyenangkan meski awalnya pake acara muntah2, dan ada plan2 yang ga terlaksana tapi overall it was a great trip!!

Tips dan Trick:

1. Pesen hotel/hostel yang deket dengan MRT station, kalau bisa daerah Orchard Road (ini rata2 mahal) , Bugis, Little India. Hindari Geylang, rata-rata hotel di sini terjangkau namun daerah ini merupakan Red District yang cenderung tidak aman.
  2. Transportasi by MRT/bus. Pelajari peta MRT dari internet terlebih dahulu,atau bisa download MRT map nya di smartphone kamu. Pelajari aturan-aturan menggunakan transportasi umum seperti misalnya cara menggunakan kartu EZ-Link, tidak boleh mengantri di depan pintu keluar dari MRT, naik bus masuk dari depan keluar dari pintu tengah, peraturan priority seat, dll. Jangan lupa membeli kartu transportasinya yaaa .. :)
  3. Gabungkan destinasi yang berdekatan dalam sehari sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga.
  4. Bawa makanan dan minuman.
  5. Bawa obat-obatan terutama vitamin untuk daya tahan tubuh dan obat untuk kaki pegel-pegel karena wajib pegel-pegel kalau jalan-jalan di Singapore ^^;
  6. Kalau budget terbatas ga usah belanja belanja, ga usah masuk-masuk wahana, cukup datangi tempat yang gratis, misal Singapore Botanic Garden, Garden by the Bay (di luarnya aja), Merlion Park, Light and Water Show Marina Bay Sand, masuk Sentosa Island ga usah masuk ke wahana-wahananya.

Sekian cerita saya mengenai trip ke Singapore. Mudah2an selanjutnya saya bisa cerita jalan-jalan ke berbagai negara lainnya :D

1 comment:

1. Hi ADMIN & Semua! :) Mari dapatkan tiket promosi Singapore seperti USS/SINGAPORE ZOO/GARDEN BY THE BAY/SEA AQUARIUM dan banyak lagi! Pasti lebih murah dari harga kaunter & OPEN DATE! Tiket Garden BTB MYR80/ SGD25 sahaja. Tiket USS, MYR 211 per adult sahaja (est SGD66 only). Pakej USS with 2 ways transfer via bus from DANGA BAY JB - USS juga ada.
    Lawati LOVE TRAVEL page di >>> http://lovetravel-love.blogspot.com & >>> www.facebook.com/lovetravel86
    JESSICA, LOVE TRAVEL (whatsapp: +6012-7760219) Email: jessica.travel8686@gmail.com .TQ