Updated!! berhubung sekarang TopCoder udah mengubah beberapa sistemnya. Hallo, saya sudah menceritakan pengalaman saya 'bekerja' ...

Cara Mengikuti Kompetisi Desain di TopCoder Studio

Updated!! berhubung sekarang TopCoder udah mengubah beberapa sistemnya.

Hallo, saya sudah menceritakan pengalaman saya 'bekerja' sebagai freelancer graphic designer di TopCoder Studio di post sebelumnya . Banyak teman-teman yang bertanya bagaimana caranya, dan di sini saya ingin berbagi informasi sedikit agar dapat membantu teman-teman yang ingin mengikuti jejak saya, hehe.. sebenarnya cara ikut nya sih udah ada di Help nya studio , tapi yah kebiasaan pada males baca karena bahasa inggris dan pasti bingung mau mulai dari mana. oke saya mulai ya penjelasannya.

Topcoder Studio itu adalah sebuah wadah yang menerbitkan kontes-kontes perancangan seperti kontes web design, logo, banner, icon, presentation, mobile app interface, wireframe, idea generation, dll. untuk kontes desain grafis nya sendiri yang perlu dikuasai itu adalah Adobe Photoshop, dan Adobe Illustrator. jadi kudu bisa menguasai dua jenis tools ini dulu (atau salah satu) , baru bisa terjun ke kompetisi desain grafisnya. di studio gak hanya kontes desain grafis, tapi ada juga kontes wireframe dan idea generation. tergantung mau ikut yang mana. tapi di sini saya akan menjelaskan yang desain grafis.

FAQ

Harus bisa bahasa Inggris gak?
Topcoder itu harus ngerti bahasa inggris meskipun pasif. jadi ngerti apa yang disuruh kerjain. trus di sana kita kerjain projek. Memang ada sih tools translator seperti google translate, tapi terkadang kita akan lebih paham jika menggunakan bahasa inggris ketimbang bahasa indonesia karena banyak istilah2 IT yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia malah jadi membingungkan.

Apa yang harus saya lakukan pertama kali?
daftar dong.. silahkan registrasi di websitenya langsung. setelah registrasi, kalau ingin terdaftar secara resmi di Topcoder dalam arti berhak mengikuti kontes, berhak mendapat bayaran , selain registrasi awal, harus mengirimkan dokumen yang disebut Assignment document. isi formnya pake tangan trus tanda tangan trus scan, kirim ke payments@topcoder.com. Setelah di-approve, baru deh resmi sebagai member yang aktif.

Apa syarat-syarat mengikuti kontesnya?

Pastinya udah jadi member aktif dulu, dan udah bisa langsung lihat daftar kontes yang lagi aktif saat ini di tab Active Contest. pilih kontes yang ingin Anda ikuti, dan register , baca spec nya dan download bahan-bahan yang diberikan.

Untuk persyaratan desainnya yang penting tidak melanggar copyright. jadi semua harus murni kerjain sendiri, ga boleh download vector gratis, freebies, dan menggunakan desain orang lain. trus file sourcenya (psd atau ai) harus editable, jadi harus bisa diedit, dengan kata lain klo psd ya berlayer-layer,bukan flatten. dan elemen2nya vector. kalau mau lihat lebih detailnya tentang copyright bisa dilihat di sini.

untuk fonts juga ada peraturannya. mereka punya list Studio Standard Fonts yang boleh digunakan. kalau tidak ada dalam list itu, boleh asalkan berasal dari website fonts yang terdaftar di Approved Font Site mereka. untuk masalah fonts bisa di cek di sini

Gimana cara baca spec kontesnya?
Kebanyakan orang kebingungan pada bagian ini. selain isinya text semua sehingga buat males baca, kadang membaca tulisan bahasa Inggris juga menimbulkan kemalasan tersendiri. Tapi yang perlu digarisbawahi adalah, kita harus tau 'apa sih yang disuruh kerjain?' , baca pada contest description, biasanya disitu ditulis mereka ingin buat apa, misalnya ingin buat aplikasi iPhone, atau ingin update aplikasi yang sudah ada, dll. setelah tau apa yang ingin dibuat, baca langsung ke 'Design requirement' , di sana langsung tertulis jelas apa yang di suruh , misal kerjakan halaman home, halaman help, dll. lalu perhatikan 'Branding Guideline' , di sana tertulis warna apa yang diminta, fonts yang bagaimana yang diminta, size, terkadang client sudah memiliki standard guideline nya sendiri yang harus kita ikutin.

khusus kontes storyboard biasanya client telah mencantumkan 'coretan kasar' aplikasinya , entah itu dalam bentuk pdf, jpg, atau wireframe. nah kalau buka pdf mungkin udah pada tau ya gimana caranya, nah bagaimana kalau file yang disediakan itu wireframe? caranya mudah, cari pada file wireframe itu file 'index.html' , pada index.html kita bisa melihat site tree dan halaman2 yang dibutuhkan client untuk dibuat. baca kembali contest spec nya halaman apa saja yang diminta, karena kadang tidak semua halaman di wireframe yang diminta untuk dibuat ke storyboard. 

kalau ada yang kurang jelas di spec contestnya bisa tanyakan ke copilot contestnya di forum yang bersangkutan.

Perhatikan deadline-nya, jangan sampai ketinggalan kereta. Anda tidak bisa mengirim karya Anda lagi kalau sudah lewat batas waktu yang ditentukan.


Desainnya udah siap nih, trus submitnya bagaimana?

Untuk submitnya, buka kontest yang kita ikuti, tekan tombol Submit .
Pada form submit nya, ada 3 file yang harus kita upload:

1 (satu) file source di zip isinya semua file psd atau ai. 
1 (satu) file subs di zip isinya semua file jpg atau png. 
1 (satu) file jpg / png desain kita sebagai preview. 

Lalu deklarasikan fonts yang dipakai pada desain kita (misalnya arial, times new roman, dan lainnya) , pada beberapa kontes yang mengizinkan penggunaan stockphoto , deklarasikan stockphoto yang digunakan. Untuk lebih jelasnya bisa liat di sini

nanti akan ada fase screening, jadi sebelum desain kita sampe ke client, pihak topcoder akan nge screening desain kita apakah memenuhi syarat atau tidak (tidak menjiplak, memenuhi requirement, dll) . kalau memenuhi syarat kita dinyatakan Passed Screening dan desain kita akan sampai ke client. kalau tidak memenuhi dinyatakan Failed screening yang artinya desain kita gagal masuk ke client dan tidak ada kesempatan menang. Hati-hati dalam mengirimkan submission Anda, lupa mendeklarasikan fonts dan stockphoto dapat menyebabkan Anda Failed Screening. Hasil screening biasanya dikirimkan ke email beberapa jam setelah contest end.

Ini kok ada kontes Round 1, Round 2? Maksudnya gimana ya?
Ada kontes yang multiround. artinya ada yang dua ronde, jadi misal round 1 (Disebut Checkpoint Round) kita kirim desain kita, lalu setelah round 1 selesai, desain kita (kalau lulus fase screening) akan direview, dan 3-5 besar desain terbaik akan mendapat feedback dan checkpoint prize ( sekitar $50-$150). Cara melihat pemenang checkpoint prize bisa dilihat di Checkpoint Tab pada contest Detail. di situ akan tertera nomor-nomor submission yang mendapatkan checkpoint prize. Untuk melihat nomor submission kita, bisa melihat kodenya di View my submission.

lalu kita perbaiki desain kita sesuai feedback, kalaupun tidak dapat feedback tetap boleh mengikuti round 2 (disebut Final Round). nah setelah round 2 ini selesai kita tinggal menunggu pengumuman pemenangnya. Kalau kita tidak ikut round 1 , kita tidak bisa mengikuti round 2 nya.

ada juga kontest yang ga pake multiround. jadi langsung begitu selesai tidak ada feedback dan langsung ke fase pemilihan pemenang.

Pengumuman pemenangnya kapan ya?
Bisa dilihat di Past Contest. Biasanya pemenang diumumkan beberapa hari setelah kontes selesai.
kalau ternyata desain kita terpilih jadi pemenang, cek forum. kadang2 akan ada final fix untuk memperbaiki beberapa bagian yang diminta client. dan kemudian hadiah akan terdaftar di sistem payment kita (Tergantung kita milih paypal, payoneer atau western union). kalau western union biasanya cair tiap tanggal 15 dan 30 setiap bulan.Bisa dilihat di sini untuk memilih pembayaran yang diinginkan.

Ada bonus lainnya gak?
nah di studio itu ada yang namanya Studio Cup Points. kalau kita sering menang, otomatis poin kita banyak. dan kita bakal dapat bonus bulanan lagi. bisa dilihat di leaderboard nya 

selain itu topcoder punya event tahunan namanya Topcoder Open(TCO) jadi tiap tahun kita bisa dapat kesempatan terbang ke USA untuk ikutan event tersebut. caranya tinggal Register di website TCO nya, search aja di google TCO+tahunnya. misal tahun 2013 'TCO13' . lalu kita akan mendapatkan poin TCO pada setiap kontes yang kita menangkan di studio tergantung pada posisinya , misal juara 1 dapat 11 poin, juara 2 dapat 9 poin, dst dapat dilihat peraturannya di website TCO itu sendiri.

Untuk lihat poin TCO kita , lihat di tab Studio pada website TCO lalu pilih Leaderboard. Biasanya diambil 12 besar teratas untuk berangkat. kalau tahun 2013 ini sih dibagi 4 periode jadi setiap satu periode diambil 3 orang teratas. setiap tahun beda-beda sih peraturannya, baca saja peraturan lengkapnya di website nya.

Selain jadi desainer, juga berkesempatan menjadi Copilot Project.

Kalau reputasi kita baik di topcoder, kita memiliki kesempatan untuk menjadi copilot dengan mengirimkan proposal, nanti jika diterima kita akan ditraining untuk menggunakan cockpit . Tugas copilot adalah sebagai penghubung antara client dan designer. Jadi, copilot akan menerjemahkan keinginan client dengan menuliskan contest spec, dan juga membantu designer dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan di forum. bayaran untuk per contest yang di launch juga lumayan besar. Akan tetapi resiko menjadi copilot adalah apabila contestnya 'gak laku' alias ga banyak yang ikutan, dan contestnya repost. Hal ini akan menurunkan reputasi si copilot dan lama kelamaan tidak dipakai lagi.

Minta Tips dong
- asah kemampuan dan skill
- banyak berdoa dan bersedekah
- jangan gampang menyerah
- pelajari keunggulan peserta lain yang sering menang
- penuhi selera dan keinginan client
- total dalam bekerja, berilah yang terbaik untuk menjadi yang terbaik
- pasang target tiap bulan mau dapet berapa, jadi tidak ada kata 'malas' sebelum mencapai target.
- fokus dan serius

Itu aja mungkin tips dari saya, semoga membantu :)

Terakhir, setiap orang rezekinya beda-beda, jalan hidup pun berbeda, saya hanya mencoba membantu teman-teman yang ingin mencoba jalan yang telah saya tempuh ini. tapi untuk kedepannya, silahkan teman-teman sendiri yang menentukan apa memang mau serius di sini, atau mungkin teman-teman lebih nyaman dengan pekerjaan yang lain karena jujur, resiko lumayan tinggi menekuni bidang ini, di luar hal enak-enaknya. Misal kalau lagi sepi kontes, atau tidak menang-menang dalam sebulan, hari ini gajian, bulan depan enggak, kalau sakit tanggung sendiri, dll. Jelas setiap pekerjaan ada resikonya. Hidup ini penuh resiko. Tinggal bagaimana kita menyikapinya saja. tapi pastinya ada 'bayaran yang mahal' untuk setiap usaha yang maksimal . So, selamat berjuang! :)









9 comments:

  1. wah sangat membantu nih kak, aq tau waktu kakak bikin trit di kaskus yang bingung "Freelance atau makan gaji?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


      Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

      qz .

      Delete
  2. Pokonya semua kata-katanya sangat inspiratif bagi saya, yang jelasnya saya juga akan berusaha biar bisa kaya mba, walaupun sakit..hee..heeeh.. :-)

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kak... Aq newbi di topcoder... Postingan kakak inspiratif bgt... Thanks bgt lah pkop nya... Hehehe

    ReplyDelete
  5. Terima kasih atas uraian yg sangat detail. Semoga sukses selalu dan tetap semangat.

    ReplyDelete
  6. Suka ngontes di 99 desain ,designhill,designcontes,dll gak mbak ?

    ReplyDelete
  7. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    9r.

    ReplyDelete