Kucing adalah binatang yang lucu dan menggemaskan . Bahkan Nabi Muhammad SAW amat menyayangi kucing. Berinteraksi dengan kucing juga bisa m...

Siapkah Anda Memelihara Kucing?

Kucing adalah binatang yang lucu dan menggemaskan . Bahkan Nabi Muhammad SAW amat menyayangi kucing. Berinteraksi dengan kucing juga bisa menghilangkan stress dan mengurangi rasa kesepian. Namun untuk memelihara kucing, Anda harus menanyakan kepada diri Anda sendiri 'Siapkah Memelihara Kucing?'

Mengapa saya tanyakan 'siap' ? Karena mengurus kucing memerlukan komitmen yang serius dalam menjaga, merawat, memberi kasih sayang dan tentunya membiayainya. Jika Anda tidak memiliki komitmen ini, buang saja jauh-jauh niat anda memelihara kucing. Kucing pun berhak hidup sehat dan mendapat kasih sayang. Akan sangat disayangkan jika Anda mengadopsinya tapi malah menelantarkannya.

Merawatnya sepenuh hati dengan kasih sayang adalah kuncinya, dengan begitu Anda tidak akan perhitungan terhadap pembiayaannya dan siap dengan segala resikonya.

Apa tujuan memelihara kucing?

Anda harus tahu dulu apa tujuannya memelihara kucing, apakah untuk teman bermain atau untuk di breeding ?

Adakah kerugian atau resiko dalam memelihara kucing?

Ada. Salah satunya dompet kempes , hehehe.. selain itu ada beberapa penyakit yang berpotensi merugikan manusia yang berasal dari kucing. Kucing yang tidak mendapatkan vaksinasi dan positif mengidap rabies dapat menimbulkan kerugian pada manusia apabila kucing menggigit manusia, selain itu virus yang berasal dari feses (kotoran) kucing yang terinfeksi toksoplasma pun dapat membahayakan bagi manusia. Tapi tidak perlu terlalu khawatir, toksoplasma hanya menular apabila tertelan. Maka dari itu jagalah selalu kebersihan diri sendiri seperti cuci tangan setelah berinteraksi dengan kucing ataupun setelah membersihkan kandang kucing.

Apa yang harus disiapkan untuk memelihara kucing?


Uang,  Waktu, Kesabaran dan Komitmen.

Biaya perawatan si kucing harus dipertimbangkan, mulai dari makanannya, pengobatannya bila ia sakit, biaya perawatan bulu dan grooming untuk kucing ras, vitamin-vitamin tambahan untuk menjaga stamina si kucing, keperluan buang air kucing seperti pasir kucing, dan lainnya. Mungkin anda berfikir “kasih saja tulang ikan, beres kan?”. TOLONG jaga dan rawatlah kucing anda baik-baik, makanan yang nutrisinya kurang akan menyebabkan kucing kekurangan gizi dan gampang sakit, bila kucing Anda sakit tentunya Anda juga harus BERTANGGUNG JAWAB mengobatinya atau membawanya ke dokter hewan. Jadi apabila Anda membeli kucing dengan harga mahal, itu adalah hal yang wajar karena Anda pun dituntut untuk 'mampu' bertanggung jawab untuk kehidupan kucing selanjutnya.Siapkah Anda?

Tidak hanya butuh biaya, tapi juga butuh perhatian. kucing juga butuh perhatian dari majikannya berupa kasih sayang, karena kucing termasuk hewan yang jinak dan manja. Dia akan sangat senang kalau diperhatikan, disayang, dibelai dan diajak bermain. makanya kamu harus punya yang namanya WAKTU untuk si kucing.

Kesabaran pun dibutuhkan, memelihara kucing itu susah-susah gampang. Terkadang ada saja ulah kucing yang membuat kita kesal seperti mencakar-cakar furniture di rumah, bulu-bulu berserakan di mana-mana, dan terkadang hobi buang air sembarangan. Semua ini bisa diatasi dengan mengajari si kucing, tapi tetep, mengajari kucing juga pakai yang namanya kesabaran. Akan tetapi apabila kebiasaan-kebiasaan buruknya timbul, tentunya hal ini akan sangat menyusahkan Anda. Lalu kita pun harus sabar dalam menghadapi dan merawat kucing yang sakit, dan lain-lain.

Komitmen. Anda tentunya akan memelihara kucing dalam jangka waktu yang lama. Pertanyaannya, siapkah anda memberikan waktu, uang, dan kesabaran dalam mengurus si kucing? jangan hanya semangat di awal karena lucu, lalu lama kelamaan jenuh , bosan, dan kucingnya ditelantarkan. Pastikan bahwa anda tidak akan menelantarkan kucing kamu untuk kedepannya.

Kalau anda sudah yakin dan siap akan segala hal yang saya paparkan di atas, maka boleh lah anda  mulai memelihara kucing dan melakukan perjanjian dengan diri sendiri : 
  1. Memelihara dan Merawat Kucing saya dengan sepenuh hati
  2. Memberikan makanan terbaik dan perawatan terbaik untuk kucing saya
  3. Meluangkan waktu setiap hari setidaknya 1 jam untuk bermain dengan kucing saya
  4. Memelihara kebersihan kandang dan lingkungan tempat tinggal kucing saya
  5. Mengobati kucing saya apabila sakit
  6. Menyayangi kucing saya selayaknya anggota keluarga
  7. Apabila sudah tidak mampu merawat, akan saya hibahkan kepada pecinta kucing yang berkomitmen.
Selanjutnya Anda harus mempersiapkan alat-alat dan kebutuhan si kucing. Silahkan baca post saya berkenaan dengan peralatan si kucing di sini.










0 comments: