Setelah Anda memutuskan untuk memelihara kucing, yang perlu Anda siapkan adalah 'perlengkapan rumah tangga' untuk 'rumah' k...

Peralatan Rumah Tangga untuk Kucing

Setelah Anda memutuskan untuk memelihara kucing, yang perlu Anda siapkan adalah 'perlengkapan rumah tangga' untuk 'rumah' kucing Anda. Selayaknya rumah manusia , 'rumah kucing' pun punya ruangan-ruangan yang perlu dibenahi seperti bedroom, bathroom, dining room, kitchengrooming room, dan play room.

Bedroom

Di mana kah kucing Anda akan tidur? di dalam kandang? atau bebas di dalam rumah? atau di luar rumah? jika Anda memutuskan memakai kandang, di mana kandang ditempatkan? berapa besar kandangnya? Semua ini harus Anda siapkan terlabih dahulu. untuk harga kandang bervariasi, ada kandang yang kecil sekitar 90rb-150rb, dan kandang yang agak besar bertingkat dengan harga 600rb-1,5 juta rupiah. Akan tetapi terkadang kucing tidak terlalu suka dikurung di dalam kandang karena memang kucing tidak seperti hewan lain yang diternakkan.

Kebersihan kandang harus selalu dijaga , bersihkan kandang setiap hari, semprotkan kandang dengan cairan disinfektan setiap hari.


Bathroom

Di mana anda tempatkan 'kamar mandi' nya? Apakah kucing Anda akan buang air di litter box atau toilet manusia? kalau di litter box, siapkan litter box nya, serokan pasir, dan beli pasir kucing nya. Usahakan tempatnya jangan dipindah-pindah sehingga kucing Anda tidak kebingungan.

Sediakan 1 litter box untuk 1 kucing.

Untuk memilih jenis pasirnya dan menjaga kebersihan seputar sanitasinya dapat dibaca di artikel Toilet Kucing







Dining Room

Di mana kucing Anda akan makan? Siapkan peralatan makannya seperti tempat makan dan tempat minum yang sesuai. Jika kucingnya banyak siapkan peralatan makan untuk masing-masing kucing. Usahakan tempatnya jangan dipindah-pindah agar kucing terbiasa.

Kitchen

Beli makanan kucing untuk makanannya sehari-hari. mengenai makanan kucing bisa dibaca di Dapur Kucing.

Grooming Room

Untuk grooming room bebas di mana saja, yang penting peralatan yang dibutuhkan disediakan terlebih dahulu. kebutuhan-kebutuhan 'berdandan' ala kucing misalnya:

  • Gunting kuku khusus kucing
  • Sisir kucing, biasanya berupa sisir jarum,
  • Bedak kucing, 
  • Cotton bud untuk memebersihkan telinga kucing, 
  • Sikat gigi kecil untuk membersihkan gigi kucing, 

Kalau Anda memutuskan untuk memandikan sendiri kucing Anda, maka peralatan lainnya:

  • Ember untuk memandikan kucing
  • Shampoo khusus kucing untuk memandikan kucing
  • Blower untuk mengeringkan kucing yang telah dimandikan
  • Kanebo untuk mengelap wajah kucing.
Cara menggunting kuku, menyisir, membersihkan telinga, menyikat gigi dan memandikan kucing dapat dibaca di artikel Ruang Dandan Kucing

Playroom

kucing membutuhkan kegiatan bermain setiap harinya khususnya kucing yang masih kecil, terkadang mereka hobi memanjat, melompat-lompat ke tempat tinggi, mencakar/mengasah kuku, dan mengejar benda-benda bergerak. untuk ini Anda harus siapkan cakaran / cat scratch atau cat condo agar kucing Anda tidak mencakari furniture di rumah Anda, cat condo biasanya disebut juga cat tree dimana kucing Anda juga bisa melompat-lompat di atasnya. Siapkan juga mainan seperti tali, atau tikus-tikusan yang bergerak untuk membuat kucing Anda tetap aktif.




Cleaning Kit

Kita perlu menjaga kebersihan 'rumah' kucing kita agar tetap nyaman dan terlindung dari kuman penyakit, peralatan yang dibutuhkan :
  • Sapu
  • Brush untuk menyikat dan membersihkan litter box
  • kain lap
  • sabut cuci khusus untuk piring makan kucing
  • Cairan disinfektan (bisa dibeli di petshop) untuk disemprotkan sebagai anti bakteri ke kandang kucing dan litter box nya.
  • Sarung tangan karet untuk keperluan membersihkan litter box agar tidak terkena kuman.
  • Masker untuk yang alergi bulu atau debu
Itu saja perlengkapan dan peralatan awal untuk kebutuhan kucing kita. Sekarang kita sudah punya 'rumah kucing' yang nyaman untuk tempat tinggal kucing kita :)

2 comments:

  1. Selamat malam mau nanya jika pasir yg sudah terkena pup mesti di ganti ato diambil pup nya setelah itu dipakai lagi si pasir ny??
    Trimaksih

    ReplyDelete
  2. Dating for everyone is here: ❤❤❤ Link 1 ❤❤❤


    Direct sexchat: ❤❤❤ Link 2 ❤❤❤

    EE

    ReplyDelete