Sebenarnya konsep desainnya hampir sama dengan Web UI , akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam designing Mobile App UI: ...

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam Desain Mobile App UI

Sebenarnya konsep desainnya hampir sama dengan Web UI, akan tetapi ada beberapa hal yang perlu diketahui dalam designing Mobile App UI:

User Gesture : pertimbangkan berbagai macam interaksi user yang memungkinkan misalnya Swipe, Slide, Pitch, Rotate sebelum merancang UI.

Layouting : Buatlah sebuah wireframe. Bisa menggunakan tool sperti axure atau html biasa, bisa juga berupa corat-coret di kertas. Pertimbangkan dimana meletakkan Menu app , apakah di bawah, disimpan di samping (user harus menekan tombol tertentu untuk memunculkan menu) ,dsb. 

Effectiveness :Lalu pertimbangkan screen mobile yang kecil, sesuaikan ukuran item-item agar mudah digunakan, misal fonts yang tidak terlalu kecil, tombol yang agak besar untuk memudahkan user menekan tombol (ingat jari orang beda-beda).

Jangan meletakkan terlau banyak isi dalam 1 screen pada mobile App dikarenakan ukuran layarnya yang kecil, cukup inti-inti nya saja , user bisa menekan tombol untuk ke screen lainnya bila diperlukan.


Viewable Screens : bagaimana jika app tersebut dilihat dari vertical view dan horizontal view. 

Compatibility : Sesuaikan size desain Anda dengan device yang akan digunakan, misalnya untuk iphone 5 ukuran 1136x640-pixel dengan resolusi 326 ppi, untuk ipad 2048x1536 dengan resolusi 264 ppi. Hal ini akan memudahkan developer nantinya untuk membangun app tersebut.

0 comments: