Halo, nama saya Faridah Amalia. Biasa dipanggil Lia. Sekarang lebih dikenal dengan FairyLey. Saya anak ke-4 dari 4 bersaudara yang lahir pa...

Perjalanan Hidup Saya

Halo, nama saya Faridah Amalia. Biasa dipanggil Lia. Sekarang lebih dikenal dengan FairyLey. Saya anak ke-4 dari 4 bersaudara yang lahir pada tanggal 14 November 1987 di kota Lhokseumawe . Saya ini cenderung cengeng, dan kurang ramah mungkin,  cuek dan tidak peduli sekitar. saya lebih senang berkutat dengan hobi-hobi saya. Hmm.. sedikit introvert sih, dan agak pemalu (Atau mungkin malu-maluin) , haha.. ceroboh, pelupa, dan minderan. Tapi saya ini orangnya penyabar, dan baik hati kok :P, hahaha (ujung-ujungnya muji diri sendiri) .

 

Pendidikan

Saya mulai sekolah TK di Taman Indria 3 Komplek PT Arun pada umur 5 tahun. yah seharusnya umur 4 tahun sudah bisa masuk sekolah, tapi entah karena alasan apa orangtua saya merasa saya masih terlalu dini untuk masuk sekolah umur segitu. Lalu saya melanjutkan sekolah ke SD Taman Muda 4 Komplek PT Arun pada umur 7 tahun.

Tahun 1999 saya kelas 6 SD dan pindah ke kota Medan dikarenakan kota tempat saya tinggal (Lhokseumawe) lagi ada perang dunia , eh maksudnya lagi ada kerusuhan gitu deh jadinya saya pindah . Saya pindah ke sekolah Yaspend harapan 2 Medan di akhir tahun pelajaran demi menempuh EBTANAS (UN saat ini).Lalu saya melanjutkan sekolah SMP di Yaspend Harapan 1 Medan.

Lalu Saya bersekolah di SMAN1 Medan pada tahun 2003-2006 dan melanjutkan kuliah di S1 Ilmu Komputer USU tahun 2006 - 2012 (lama amat yah kuliahnya heheheh..)

Hobi

Sejak kecil saya hobi banget yang namanya komik,kartun,manga dan semacamnya. saya suka buat komik-komik singkat , dan gambar-gambar bercerita yang hanya bertujuan memuaskan batin saja. Saya juga sempat menggunakan media komputer untuk menggambar walau cuma pakai program Ms Paint saja, haha.. Waktu itu kartun-kartun di TV sangat banyak dan bagus-bagus, saya paling hobi nonton anime seperti Sailor moon, Yaiba, Doraemon, Cardcaptor Sakura, Mojacko, inu yasha dan lain-lain yang ditayangkan di TV nasional. Bisa dibilang saya sempat suka banget ama jejepangan deh waktu itu, padahal masih SD, dan teman-teman seusia saya jarang sih suka jejepangan gitu pada masa itu. Saya juga pernah kepikiran untuk bercita-cita jadi komikus atau animator (Yang ga kesampean sampe sekarang :P edit:akhirnya nyoba-nyoba webtoon karena webtoon lagi in sekarang heheh..)

Trus saya juga suka banget ama hewan namanya kucing! kucing mana saja saya bilang lucu, malah sempat dimarahi orang tua saya karena bawa kucing kurap dari pasar ke rumah, trus sampe rumah ga ngerti ngerawatnya en mati deh haha.. (kok malah ketawa sih -__-) . Tapi saya sebenernya ga dibolehin sih pelihara kucing jadinya ya pelihara gitu-gitu aja.

Perjalanan Hidup

Tahun 1997, saya kehilangan ibu saya dan abang saya yang pertama sekaligus pada kecelakaan pesawat garuda di sibolangit . Pada saat itu saya pertama kalinya kehilangan orang yang disayang dan waktu itu belum terlalu paham akan namanya kehilangan. Tapi jujur saya adalah anak yang paling manja dengan ibu saya, sangkin manjanya, sifat saya cenderung nyebelin dan kasar bagi sebagian orang. Yah, tapi sejak kepergian mama saya, saya berubah jadi lebih tegar dan lebih diam. Meski masih cengeng juga sih...  Kami yang tadinya 4 bersaudara jadi tinggal 3 bersaudara. Setelah itu, papa saya menikah lagi dengan tante saya, adik kandung ibu saya, istilahnya sih 'ganti tikar' .

 Di tahun 1999 saya pertama kali mempelajari sebuah software bernama Macromedia Flash 4.0 dan membuat animasi-animasi kacangan yang gambarnya pun masih kaku-kaku. Jujur saya menikmati sekali mengerjakan animasi-animasi pendek itu meski menghabiskan sebagian besar waktu saya untuk di depan komputer tanpa ada tujuan komersil atau semacamnya. Memang kalau yang namanya hobi kita bisa menikmati dunia kita sendiri :) Pernah sempat diwawancarai TVRI lokal karena di usia saya yang masih 'belia' saya sudah membuat film animasi sendiri meskipun dengan kualitas yang minim. Sayangnya setelahnya saya tidak meningkatkan kualitas saya hingga menjadi animator khayalan pun cuma mentok sampai di situ.

Saya pertama kali belajar mengaransemen musik ,dan belajar kunci-kunci musik waktu saya masih duduk di Sekolah Menengah Pertama. Awalnya abang saya yang hobi buat musik, saya sih cuma memperhatikan saja. Saya juga diperkenalkan dengan software2 musik seperti Cakewalk dan Modplug Tracker. Awalnya saya hanya bisa meniru-niru lagu yang sudah ada , hingga kemudian mengubah/memodifikasi nada-nadanya sedikit-sedikit, sampai artinya ngedapetin 'feeling' untuk menciptakan lagu sendiri sesuai selera. Yang mau denger lagu saya (Sebaiknya ga usah :P) bisa lihat di sini.

Nah, Pada masa ini juga saya baru mengenal software yang namanya Adobe Photoshop yang saya gunakan cuma untuk edit-edit foto sederhana saja. Saya gak tahu dengan fungsi-fungsi lainnya di photoshop. walaupun setelah diliat-liat editannya jelek banget hahaha...

Saya udah cerita kan kalau saya hobi jejepangan sejak SD? Saya mulai mencoba mempelajari Bahasa Jepang dan mengikuti ujian Nooryoku Shiken (semacam Toefl kalau bahasa inggris) untuk pertama kalinya, dan alhamdulillah lulus!

pada tahun 2002 , tante saya pun pergi meninggalkan kami semua untuk selama-lamanya, dan kebetulan pada saat itu papa saya pun telah pensiun dari pekerjaannya. Kemudian beliau menikah lagi dan kemudian membangun rumah makan untuk usaha.

Saya pun memasuki masa-masa SMA yang tak seberapa.  dan menjalani aktifitas layaknya siswa SMA biasa. Yah saya menemukan teman-teman yang menyenangkan meski hanya beberapa saja :P. Saya mulai mengenal software aransmen musik yang baru yaitu FL Studio dan saya cukup senang menggunakannya (bahkan hingga saat ini). Pada tahun 2005, saya resmi tinggal satu atap dengan 'keluarga baru' di sebuah rumah makan khas Mandailing yang besar. Ya, orangtua saya akhirnya resmi membuka rumah makan pada tahun 2005 dan peminatnya cukup ramai.

Saya mengikuti ujian Nooryoku shiken level selanjutnya (Level 3) pada masa ini dan alhamdulillah lulus lagi! (Meski  sekarang ga banyak yang masih melekat di otak -__-)

Tahun 2006 saya memasuki dunia perkuliahan. Saya berkuliah di S1 Ilmu komputer USU dan inilah pertama kalinya dalam hidup saya merasakan naik angkot. Haha, bukan karena sok, tapi karena saya penakut dan susah hafal jalan, tapi terpaksa karena ancaman senior-senior pada waktu ospek. Eh tapi jadinya malah keterusan deh besok-besoknya naik angkot , haha.. masa-masa kuliah saya terbilang cukup menyenangkan. Saya bertemu dengan teman-teman yang asyik. Disini saya ketemu seorang senior yang naga-naganya semangat banget ngejar saya sampai minta nomer telfon dan ngotot minta antarin pulang, haha.. klo ingat itu lucu banget deh. Sekarang sih orangnya udah jadi suami saya :P.

Di Ilmu komputer ini saya mulai mengerti pemrograman sedikit-sedikit, dan akhrinya memahami cara menggunakan action script pada Adobe Flash. Saya mulai mencoba membuat game buatan saya sendiri dengan kualitas yang biasa-biasa saja. Yah kemajuan buat saya :D. Setelah direvisi dan diperbaharui beberapa kali akhirnya jadilah game Su Adventure in Fairyland! :D

Mengenal Dunia Kerja

Seiring waktu berjalan, usaha orang tua saya mengalami penurunan, hingga akhirnya kami mengalami kesulitan finansial ditambah hutang sana-sini. Untungnya saya masih ada asuransi pendidikan hingga masih ada dana talangan untuk kuliah. Nah, pada saat ini sekitar akhir tahun 2008, rezeki yang tak terduga datang. Saya yang tak pernah terfikir untuk bekerja mencari uang sendiri tiba-tiba ditawari pekerjaan oleh teman saya di sebuah perusahaan Software house di Medan yang bernama P.T.HaloteC Indonesia dan saya berfikir apa salahnya untuk mencoba . Dimulai dari kemampuan saya di bidang Flash, lalu kemudian merembet untuk mempelajari banyak hal lainnya di kantor itu. Jujur meski gaji tidak seberapa tapi cukup besar untk anak kuliah seperti saya plus ditambah internet gratis dan belajar gratis. Saya mulai mempelajari Web Design, dan Graphic Design sedikit demi sedikit. Belajar bagaimana membuat mock up/prototype dengan HTML+CSS. Lalu saya mulai mencoba mempelajari Adobe Illustrator untuk mengolah vector. Banyak ilmu yang didapat, terutama di bidang Graphic Design dan User Interface Design.

Memulai Usaha Warnet

Tahun 2010, kami mendapatkan dana santunan asuransi dari kejadian kecelakaan pesawat garuda yang menimpa ibu kami di sibolangit tahun 1997. Dengan dana itu, saya pun mulai membeli sebuah rumah sebagai investasi. Sisanya saya dan sepupu saya mencoba membuka usaha warnet. Sejak saya membuka usaha warnet, dan saya pun ingin fokus untuk menamatkan kuliah, saya akhirnya resign dari kantor saya meski awalnya ragu-ragu karena takut ga ada uang masuk setiap bulan. Tapi kondisi memaksa saya untuk segera memfokuskan diri pada kuliah saya dan juga usaha saya.

Masuk ke Dunia Freelancer

Namun pada tahun 2011, omset usaha warnet saya kian hari kian menurun. Sampai saya harus keluar uang untuk nombokin setiap bulan. Saya mulai merasa kesulitan secara finansial. Namun ada saja cara Allah menolong saya. Pacar saya yang kebetulan sedang menggeluti desain grafis dan mengikuti kontes desain grafis online (yang namanya TopCoder) mulai mengajak saya untuk ikut mengerjakan kontes-kontes tersebut demi mendapatkan uang. Awalnya saya skeptis dan merasa tidak mungkin bisa menghasilkan uang dari kontes-kontes seperti itu, kalau tidak menang, cuma dapat capeknya , gak dapat uangnya.

Tapi paradigma awal saya itu ternyata tidak terbukti. Memang pada awalnya saya tidak menang. Tapi saya memiliki kemauan untuk belajar bagaimana supaya menang, salah satunya dengan mencontoh desain-desain yang sudah menang sebelumnya.

Akhirnya saya merasakan juga hasil dari ikut kontes seperti ini, kemenangan awal saya USD350 , sekitar 3jt rupiah dan bagi saya yang waktu itu cuma pernah merasakan gaji 1jt rupiah per bulan, itu adalah nominal yang besar sekali. Sudah dapat sekali, tentu saya ketagihan. Saya mulai mencoba memberanikan ikut kontes-kontes yang lain, dan alhamdulillah saya merasakan penghasilan ratusan dolar amerika.

Akhiri Bisnis dan Mulai Fokus ke Dunia Freelancer

Tapi saya harus terus menomboki warnet saya setiap bulan, meski saya sudah menyerah, tapi sepupu saya tidak. Akhirnya saya menyerahkan semua aset kepadanya dan memutuskan untuk tidak melanjutkan usaha saya itu. Saya pun mulai fokus di TopCoder demi mendapatkan uang. Bahkan saya sudah tidak fokus menyelesaikan skripsi saya lagi. Namun setelah skripsi saya kelar, dan saya tinggal menjalani sidang meja hijau, eh ternyata ada 'batu kerikil' yang menghalangi langkah saya. Saya masih ketinggalan satu mata kuliah praktikum sehingga saya tidak bisa mengikuti sidang meja hijau dan harus mengulang setahun lagi. Yah saya mencoba menyanggupi dengan penuh kesabaran.

Alhamdulillah di TopCoder ini ada jalan rezeki untuk saya, bahkan saya bisa menikmati pergi ke Amerika gratis di bulan Oktober untuk menghadiri acara Top Coder Open 2011 di Ford Lauderdale, Florida. Saya tidak pernah menyangka kalau saya bakalan pernah ke negara Paman Sam itu. Alhamdulillah, semua ini karena pertolongan Allah juga.

Pendidikan Selesai

Tahun 2012, akhirnya saya menyelesaikan pendidikan saya dan meraih gelar sarjana komputer meski harus tertunda setengah tahun .

Di samping itu, saya mulai merasakan penghasilan yang besar setiap bulannya bahkan pernah di atas USD7,000 dalam sebulan. Alhamdulillah, bisa bantu-bantu orang tua dan saudara juga.

Pada tahun 2012 saya mendapat kesempatan lagi berangkat menghadiri TopCoder Open 2012 di Orlando, Florida. Alhamdulillah saya berhasil meraih juara 2 dan mendapatkan hadiah sebesar $4,000 atau sekitar 35jt rupiah. Dapet duit, plus jalan-jalan gratis. Memang nikmat Allah begitu banyak.

Pada akhir tahun 2012 saya akhirnya memiliki seekor kucing yan sudah lama saya idam-idamkan. Ya, sudah lama saya ingin punya kucing peliharaan, tapi sepertinya tidak mungkin mengingat orang di rumah saya yang tidak suka kucing. Tapi sepertinya saya diberi kemudahan untuk memeliharanya. Saya sangat senang sekali akhirnya memiliki kucing peliharaan meski saya juga ga terlalu pintar merawatnya. Saya harap kucingnya sehat-sehat saja dan bahagia dengan saya, hehe :)

Pada bulan April 2013, saya mendapat bantuan dari orang tua saya untuk memperbaiki rumah saya yang rusak, dan pada saat yang sama, saya pun mendapat kemudahan untuk membeli sebuah mobil second. Alhamdulillah meski mobil second, masih bagus kondisinya, dan membelinya dengan uang hasil keringat sendiri. Padahal selama ini saya gak pernah kepikiran untuk bisa bawa mobil. Saya selama ini selalu naik angkot , becak, atau nebeng sama temen. Maklum saya ga bisa naik sepeda , apalagi motor (duh malunya... >_<) . Tapi dengan segala kemudahan yang diberikan Allah, alhamdulillah saya sekaran kemana-mana sudah bisa bawa mobil sendiri. Bertahun-tahun saya bersabar dengan angkutan umum dan sekarang Allah memberi sesuatu yang benar-benar saya butuhkan.

Mulai banyak pertanyaan tentang pernikahan. Well, pada tahun 2013 saya telah memasuki usia 26 tahun. Saya dan calon suami yang telah menjalani hubungan selama 7 tahun ini pun merencanakan pernikahan di awal tahun 2014. Karenanya, kami fokus mencari uang untuk kebutuhan pernikahan kami. Dan pada bulan Agustus saya resmi menerima lamaran.




Alhamdulillah tahun 2013 kami mendapat kesempatan lagi ke negri Paman Sam untuk menghadiri TopCoder Open 2013 di Washington DC! Kali ini kami berencana memperpanjang waktu liburan kami untuk bisa berlama2 jalan2 di sana. Kami pergi ke New York terlebih dahulu sebelum ke Washington. It was so wonderful! New York dan Ibukota Negara! Namun sayangnya, saya cuma dapat juara 5 di pertandingan kali ini, tapi pengalaman yang didapat begitu menyenangkan!


Menikah

Akhirnya saya resmi melepas status lajang pada 25 Januari 2014. Semua persiapan untuk menyambut hari spesial itu pun dilakukan, dan 90% kami lakukan berdua. Awalnya banyak kendala di sana sini, seperti undangan salah cetak lah, orangtua yang berdomisili di luar kota lah, saya yang tiba-tiba pingsan lah, dan lainnya. Meskipun begitu, kami bahagia karena pada akhirnya alhamdulillah acara ini berlangsung cukup lancar. Happy Ending? Saya rasa inilah permulaan petualangan baru sebagai seorang istri, menantu, dan ibu.


Awalnya terasa berat buat saya melakukan tugas-tugas rumah tangga, yah memang saya gak punya kepandaian apa-apa soal urusan hidup seperti masak, nyuci, dan lainnya. Apalagi saya juga harus mencari uang lewat kontes-kontes yang harus saya selesaikan secepatnya. Tapi perlahan-lahan saya mulai bisa membagi waktu dan energi saya. Pagi sampai siang jadi ibu rumah tangga , trus siang sampai malam fokus di dunia kerja (yang kerjanya juga di rumah :P), dan malam bisa santai dengan keluarga. Walaupun terkadang sempat bergadang juga kalau lagi ada kontes.

Juara Pertama di Kompetisi Onsite TopCoder Open

Tapi, satu hal yang memang amat terasa bahwa menikah itu memang memperluas rezeki, penghasilan saya jauh lebih banyak dibanding sebelum menikah, padahal saya punya banyak kesibukan baru di rumah. dan tahun 2014 ini saya dan suami berangkat lagi untuk berkompetisi di acara tahunan topcoder, TCO14 di San Fransisco!! Yeaa!! Kali ini saya bertekad untuk menjadi Champion , setelah tahun-tahun sebelumnya hanya dapet jalan-jalan gratis, kali ini saya ingin memiliki piala kurung siku khas topcoder itu!

Saya mulai belajar membuat icon yang lebih professional, saya juga mencari inspirasi-inspirasi desain yang modern dan keren, dan guess what? Pada event TCO14 ini alhamdulillah akhirnya apa yang saya inginkan tercapai!! Saya berhasil mendapatkan Juara 1! Saya berhasil menjadi Champion! Ini adalah hal tergila yang saya capai selama ini! Saya berfikir ini tidak mungkin , tapi ternyata ini nyata!! Saya tidak tahu apakah ini salah satu keberuntungan saya atau jurinya lagi ngantuk kali ya waktu memilih desain saya? Saya bersyukur sekali kepada Allah SWT yang sudah memberi ilham, ide, kemampuan, kesempatan, keberuntungan, rezeki, pokoknya semua deh!!! termasuk menggerakkan hati juri untuk memilih desain saya sebagai yang terbaik! subhanallah! Saya mendapatkan hadiah sebesar $15,000 dan juga mendapatkan hadiah menarik seperti 3Dprinting dan Headphone Harman dan yang terpenting piala yang amat sangat keren!!






Menjadi Seorang Ibu

Lalu pada bulan Juli tahun 2016 akhirnya kami dikarunia seorang anak perempuan yang lucu dan cantik, mudah-mudahan bisa menjadi anak yang sholehah dan berguna bagi banyak orang. aamiin.

Pada tahun 2016 saya mencoba kembali bisnis online shopping tapi tidak bertahan lama karena saya sendiri ga terlalu serius menjalaninya, mungkin karena uda terlalu nyamana dengan pekerjaan saya yang ga perlu berurusan dengan banyak orang.

Mencoba Industri Komik

Tahun 2017 saya mulai mencoba memasuki dunia Webtoon. Meski emang hanya sekedar menyalurkan hobi masa kecil dan bukan berniat jadi komikus profesional, tapi ternyata hobi ga jelas saya ini memiliki banyak pembaca dan saya cukup puas dengan itu. Dan alhamdulillah webtoon saya ini mendapat penghargaan dari 2 platform komik online yaitu Line Webtoon Rising Star Juni 2018 dan Webcomics Challenge Superstar Creator Mei-Jun 2018. Selain itu saya juga menjual stiker animasi line untuk karakter-karakter komik saya dan alhamdulillah juga banyak menghasilkan! Now, what's next? apakah saya akan terjun beneran di industri komik (seperti cita-cita masa kecil dulu?) atau saya tetap melanjutkan profesi saya sebagai graphic designer di TopCoder? Andai bisa dua-duanya...



Yah itulah garis besar perjalanan hidup saya, Intinya meski hidup kita ini kadang di bawah, kadang di atas, syukurilah apa yang kita miliki, dan bersabarlah, semoga dengan kesabaran itu kita akan memetik buah yang manis. kalau kita yakin dan percaya kepada Allah, insya Allah selalu diberi kemudahan dan keringanan dalam menjalani hidup ini. Semoga kita selalu berada pada jalan Nya yang lurus. amiin!

5 comments:

  1. halo Faridah.. ceritanya sangat menginspirasi bangett! saya juga baru daftar TC nih.. gara2 udah resign dari kantor jadi lagi cari penghasilan tambahan dari internet. kebetulan saya juga graphic designer. boleh sharing tipsnya supaya tiap bulan bisa tetap berpenghasilan dari TC, dan bisa sesukses Faridah pergi ke US tiap tahun?

    ReplyDelete
  2. KEREN ! ceritanya kayak di novel" kak :D

    ReplyDelete
  3. Hhhhhhmmmmm........
    Terimakasih.. :)

    ReplyDelete
  4. Apakah Anda Dalam Krisis Keuangan Hubungi Kami Via Email harifinancialcentre@gmail.com Sekarang Untuk Solusi untuk lebih jelasnya

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete